Upaya Preventif Tindak Kekerasan Pada Remaja Usia 12 – 19 Tahun Melalui Bimbingan Penyuluhan Islam

Ani Nasriani* -  IAIN Parepare, Indonesia
Andi Nurindah Sari - 

DOI : 10.30863/jbpi.v3i1.7720

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kekerasan pada remaja usia 12–19 tahun dan mengevaluasi efektivitas upaya preventif melalui Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif-eksploratif, serta teknik pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD), sosialisasi, penyuluhan, dan wawancara mendalam. FGD menggali pengalaman remaja mengenai kekerasan, sementara sosialisasi bertujuan memberi edukasi tentang bahaya kekerasan dan pencegahannya. Wawancara dilakukan dengan remaja korban kekerasan dan penyedia layanan seperti konselor dan petugas kesehatan. Data dianalisis dengan metode analisis tematik untuk mengidentifikasi tema utama seperti faktor individu, keluarga, sekolah, dan lingkungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor utama penyebab kekerasan adalah kesehatan mental, dinamika keluarga yang buruk, lingkungan sekolah yang tidak aman, dan pengaruh teman sebaya. Program sosialisasi dan layanan konseling memberikan dampak positif, namun tantangan terkait akses dan sumber daya masih menjadi kendala. Penelitian ini menyarankan perlunya pendekatan preventif terintegrasi yang melibatkan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi remaja.

Supplement Files

Keywords
Upaya preventif; Kekerasan pada remaja; Bimbingan Penyuluhan Islam; Pencegahan kekerasan; Remaja usia 12-19 tahun
  1. Ardiansyah, Fino, Matsna Wilda Muqorona, Fariskha Yulfa Nurahma, and Muhammad Dodik Prasityo. “Strategi Penanganan Pelecehan Seksual Di Kalangan Remaja: Tinjauan Literatur.” Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) 7, no. 2 (2023): 81. https://doi.org/10.22146/jkkk.78215.
  2. Beno, J, A.P Silen, and M Yanti. “PENINGKATAN SOCIAL AWARENESS MAHASISWA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM IAIN PONOROGO MELALUI KOMUNITAS NGAJI PRAMONOROGO.” Braz Dent J. 33, no. 1 (2022): 1–12.
  3. Dey Putri, Lidia Anjelina, Elindra Yetti, and Sofia Hartati. “Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020): 715. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438.
  4. Faisal, Faisal, and Nursariani Simatupang. “Kebijakan Nonpenal Dalam Rangka Upaya Preventif Anak Sebagai Korban Kekerasan Fisik Dan Psikis Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 15, no. 2 (2021): 287. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2021.v15.287-304.
  5. Habibie, Temy Andreas, and Qurotul Uyun. “Model Intervensi Islam Dalam Penanganan Gejala Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Sebagai Korban Kekerasan Seksual.” Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP) 3, no. 1s (2023): 221–30. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12363.
  6. Hadi, Abdul, Palasara Brahmani Laras, and Eka Aryani. “Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pendidikan Karakter.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 316–21.
  7. Haryati, Asti, Neti Herawati, Betaria Soneta, and Sukma Wardani. “Upaya Konselor Islami Dalam Penanganan Spiritualitas Pada Korban Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan 9, no. 1 (2022): 1. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.9579.
  8. Hidayati, Chusnul, and Ira Suryani. “Upaya Pencegahan Perilaku Antisosial Dalam Perspektif Pendidikan Islam Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MTS Al Washliyah Medan Krio.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2023): 359–70. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2508.
  9. Intaniasari, Yossinta, and Ratnasari Dyah Utami. “Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran Dan Program Literasi Sekolah.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4987–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996.
  10. Karunia. “INTERVENSI TIM RPTC DALAM PENANGANAN KRISIS PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDY KASUS DI (RPTC) RUMAH PERLINDUNGAN TRAUMA CENTER BPRSW YOGYAKARTA)” 4, no. June (2016): 2016.
  11. Khoiroh, Anikmatul. “Bimbingan Dan Konseling Keagamaan Bagi Wanita Korban Kekerasan Seksual.” Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 7, no. 1 (2021): 116. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v7i1.925.
  12. Kurniawati, Rahmaditta, and Nurus Sa’adah. “Konseling Lintas Budaya: Sebagai Upaya Preventif Pernikahan Dini.” Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6, no. 1 (2022): 51. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.3418.
  13. Labiq, Ahmad, and Siti Hulaiyah. “Pentingnya Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam.” Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi 2, no. 1 (2024): 20–27.
  14. Mala, U. “Peranan Bimbingan Penyuluhan Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Remaja Kel. Benteng Kec. Patampanua Kab. Pinrang.” Al-Mau’izhah: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan … 4, no. 2 (2022). https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/2220.
  15. Marfu’ah, Usfiyatul, Siti Rofi’ah, and Maksun Maksun. “Sistem Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Di Kampus Uin Walisongo Semarang.” Kafa`ah: Journal of Gender Studies 11, no. 1 (2021): 95. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.379.
  16. Marlia, Ani, Nur Ainun Fadhilah, Monica Pertiwi, Muhammad Hasan Yusuf, Nova Suci Wulandari, Sella Mustika Sari, Muhammad Randi Pratama S, and Safitri Ani. “Peran Bimbingan Konseling Dan Pendidikan Agama Islam (Pai) : Penerapan Dan Solusi Di Man 2 Palembang.” SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary 2, no. 02 (2023): 312–21. https://doi.org/10.62668/significant.v2i02.921.
  17. Muh. Ilham, Nurwalidah Noviyanti. “Layanan Bimbingan Konseling Islam Dalam Pemulihan Mental Bagi Anak Korban Kekerasan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Dan Anak Kabupaten Gowa.” Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial 3 (2020): 2655–7320.
  18. Nissa, Amalia Kholiafatul, Abdul Majid, and Siti Lailiyah. “Konsep Self Efficacy Pada Karakter Remaja Dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7526–31. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3552.
  19. Nur ’izi, Arilana, and Mahasri Shobabiya. “Penerapan Bimbingan Konseling Islami Di Sekolah Strategi Dan Implementasinya Di Era Digital.” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 2, no. 1 (2024): 1–8. https://journal.csspublishing/index.php/ijm.
  20. Nur, Muhammad, Yasriuddin Yasriuddin, and Nor Azijah. “Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif).” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054.
  21. Prihambodo, Calvin Zannua, Zainul Anwar, Devina Andriany, and Fakultas Psikologi. “Peran Regulasi Diri Terhadap Perilaku Cyberbullying (The Role Of Self Regulation Of Cyberbullying Behavior).” Psycho Holistic 2, no. 1 (2020): 2020–2685. http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic.
  22. PUTRI, ANGGI PRATAMA. “Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam Terhadap Anak Korban Kekerasan Psikis Di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (Brsampk) Rumbai,” no. 4596 (2021): 1–78.
  23. R. Septianingsih, D. Safitri, S.Sujarwo. “Pendidikan Seksual Pada Remaja Berbasis Budaya Sebagai Tindakan Preventif Kekerasan Seksual.” Cendekia Pendidikan 1, no. 1 (2023): 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769.
  24. Rika Widianita, Dkk. “BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENCEGAH PERGAULAN BEBAS PADA REMAJA DI DESA KALEO KECAMATAN LAMBU KABUPATEN BIMA.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII, no. I (2023): 1–19.
  25. ———. “UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA PAREPARE.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII, no. I (2023): 1–19.
  26. Sakban, Abdul, Maemunah Maemunah, and Hafsah Hafsah. “Pelatihan Pencegahan Bullying Bagi Organisasi Kemahasiswaan Di Universitas Muhammadiyah Mataram.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 2, no. 2 (2021): 211. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.3893.
  27. Salau, Triati, Glorius Deonatus Keo, Benediktus Labre, and Deslien Dolorosa Fanggitasik. “Pelatihan Asertif Bagi Remaja: Upaya Preventif Tindakan Kekerasan Di Sekolah.” Warta LPM 26, no. 4 (2023): 453–61. https://doi.org/10.23917/warta.v26i4.2455.
  28. Salsabila, Suci, and Viola Junia Vitaloka. “Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Moral Remaja.” DAWUH : Islamic Communication Journal 4, no. 3 (2023): 138–43. https://doi.org/10.62159/dawuh.v4i3.1206.
  29. Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Sirkulasi Sosiologis Dan Psikologis Dalam Fenomena Bullying Di Pesantren.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 10, no. 2 (2021): 191–204. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i2.285.
  30. Yudhawasthi, Ciwuk Musiana, Moh Rifaldi Akbar, Anita Dwi Lestari, Dinda Nabawiyah, Helena Faustina, Universitas Bhayangkara, and Jakarta Raya. “Analisis Pengetahuan Dosen Dan Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual.” Pusat Studi Gender Dan Anak UIN Alauddin Makassar Sipakalebbi 7, no. 2 (2023).

Full Text: Supp. File(s):
Upaya Preventif Tindak Kekerasan Pada Remaja Usia 12 – 19 Tahun Melalui Bimbingan Penyuluhan Islam
Subject Upaya preventif; Kekerasan pada remaja; Bimbingan Penyuluhan Islam; Pencegahan kekerasan; Remaja usia 12-19 tahun
Type Data Analysis
  Download (512KB)    Indexing metadata
Upaya Preventif Tindak Kekerasan Pada Remaja Usia 12 – 19 Tahun Melalui Bimbingan Penyuluhan Islam
Subject Upaya preventif; Kekerasan pada remaja; Bimbingan Penyuluhan Islam; Pencegahan kekerasan; Remaja usia 12-19 tahun
Type Data Analysis
  Download (512KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-12-03
Published: 2024-06-28
Section: Articles
Article Statistics: 29 36