BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA UNTUK MASUK PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS: MAN 2 KOTA PEKALONGAN)

Lutvia Ayunda Putri -  , Indonesia
Nur Zuneni -  , Indonesia
Siska Tri Lestari* -  , Indonesia
Bilqis Amirotul Qudsy -  , Indonesia
Maslakha Pujiyanti -  , Indonesia

DOI : 10.30863/jbpi.v3i1.7697

Pendidikan tinggi merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan sumber daya manusia, namun masih banyak siswa yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan program motivasi dalam meningkatkan kesadaran siswa-siswi di MAN 2 Kota Pekalongan mengenai pentingnya pendidikan tinggi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pemahaman, tekanan sosial, dan kekhawatiran akan kesiapan akademis. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi serangkaian kegiatan terstruktur berupa penyuluhan, bimbingan kelompok, menyebar angket minat bakat dan seminar dengan menghadirkan pemateri dari UIN Gus Dur Pekalongan. Program ini dirancang secara komprehensif untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manfaat pendidikan tinggi dan berbagai peluang karier yang dapat diraih. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat dan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan setelah mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Hal ini tercermin dari tingginya antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam setiap sesi diskusi, yang mengindikasikan adanya perubahan positif dalam sikap mereka terhadap pendidikan tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa intervensi yang tepat disertai dukungan dari lingkungan sekitar berperan penting dalam membangkitkan kesadaran siswa akan manfaat pendidikan tinggi. Rekomendasi yang dihasilkan menekankan pentingnya peran pendidik dan pihak sekolah dalam memberikan dukungan berkelanjutan untuk memotivasi siswa mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

Supplement Files

Keywords
Motivasi belajar, kesadaran pendidikan, pendidikan tinggi, intervensi pendidikan, bimbingan karir
  1. Abubakar, Sitti Rahmaniar, ‘PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA SMA SEBAGAI PERSIAPAN AWAL MEMASUKI DUNIA KERJA 1 Oleh: Sitti Rahmaniar Abubakar 2’, Selami IPS, 1 (2011)
  2. Afdal, Afdal, M Suya, Syamsu Syamsu, and Uman Uman, ‘Bimbingan Karir Kolaboratif Dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA’, Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2.3 (2014), doi:10.29210/110000
  3. Andriani, Miranti Widi, ‘Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar’, Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6.2 (2019), doi:10.29407/nor.v6i2.13604
  4. Aziz Muttaqqin, Shopan Sopyan, Deni, ‘Program Bimbingan Karir Dan Studi Lanjut Pada Siswa Kelas XII SMK Purnama 1 Jakarta’, Journal of Human And Education, 4 No. 4 (2024)
  5. Ernawati, Dwi, Wikanengsih Wikanengsih, and Tuti Alawiyah, ‘PROFIL MOTIVASI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMAN 4 GARUT’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3.6 (2020), doi:10.22460/fokus.v3i6.5946
  6. Fitri, Ayu Landa, and Ali Daud Hasibuan, ‘Career Counseling Services for Students of SMAN 4 Tebing Tinggi to Boost Desire to Continue Education to Higher Education’, PALAPA, 11.1 (2023), doi:10.36088/palapa.v11i1.3276
  7. Jannah, Roikhatul, ‘Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi’, Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1.1 (2021), doi:10.53915/jbki.v1i1.115
  8. Nisa, Afiatin, ‘Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi’, KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5.1 (2018), doi:10.24042/kons.v5i1.2508
  9. Sari, Azmatul Khairiah, A. Muri Yusuf, Mega Iswari, and Afdal Afdal, ‘Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review’, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12.1 (2021), doi:10.23887/jjbk.v12i1.33429
  10. Sri Gustini, Dwi Umardani, Emelda, and Avissa Calista, ‘Membangun Motivasi Pelajar Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi’, NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.2 (2023), pp. 117–25, doi:10.55606/nusantara.v3i2.1224
  11. Sri Rahayu, Jumino, Edi Mulyanto, Ade Hlosih, Tutug Srijatmiko, ‘Motivasi Pelajar SMK Untuk Melanjutkan Kuliah Ke Perguruan Tinggi Di SMK Fajar Tugu Lele Babakan Ciseeng Bogor’, 2.1 (2022), pp. 12–18
  12. Suralaga, Fadhilah, Psikologi Pendidikan: Implikasi Dalam Pembelajaran, Jurnal Sains Dan Seni ITS, 2021, vi
  13. Taber, Keith S., ‘Educational Psychology’, in Contemporary Trends and Issues in Science Education, 2023, lvi, doi:10.1007/978-3-031-24259-5_14

Full Text: Supp. File(s):
BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA UNTUK MASUK PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS: MAN 2 KOTA PEKALONGAN)
Subject Motivasi belajar, kesadaran pendidikan, pendidikan tinggi, intervensi pendidikan, bimbingan karir
Type Research Instrument
  Download (488KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-12-02
Published: 2024-06-28
Section: Articles
Article Statistics: 50 71