PENGARUH E-COMMERCE DAN PEMANFAATAN IT TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SECARA ONLINE PADA PELAKU USAHA KAUM MILENIAL MUSLIM KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT
DOI : 10.30863/iebjournal.v6i1.6625
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha milenial muslim, apakah e-commerce dan pemanfaatan IT memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha kaum milenial muslim di kecamatan Tanete Riattang Barat. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan dan melakukan observasi atau pengamatan terlebih dahulu kemudian memberikan angket berupa pertanyaan melalui online yaitu google form dan juga turun langsung ke pelaku usaha sebanyak 98 sampel yang sesuai dengan data yang dibutuhkan, serta menggunakan analisis regresi linear berganda dan menggunakan bantuan aplikasi SPSS, Kemudian hasil data penelitian dianalisis dan dideskripsikan untuk melihat lebih jauh mengenai pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT terhadap minat berwirausaha secara online. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha kaum milenial muslim kecamatan Tanete Riattang Barat sebesar 79% dan sisanya 21% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh e-commerce dan pemanfaatan IT terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha milenial muslim, apakah e-commerce dan pemanfaatan IT memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha secara online pada pelaku usaha kaum milenial muslim di kecamatan Tanete Riattang Barat. The approach used in this research is a quantitative approach with a field research design. Initially, observations were conducted, followed by administering questionnaires online via Google Form and direct engagement with business owners, totaling 98 samples that met the required data. Multiple linear regression analysis was then performed using the SPSS application. Subsequently, the research data was analyzed and described to further explore the influence of e-commerce and IT utilization on online entrepreneurial interest. The research findings indicate that the influence of e-commerce and IT utilization significantly and positively affects the online entrepreneurial interest of millennial Muslim entrepreneurs in the Tanete Riattang Barat district by 79%, with the remaining 21% influenced by other variables outside the research model.
Supplement Files
- Achjari, Didi, "Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce", Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, Vol.15.3 (2000), 388–95
- Ade Nuriadin dan Yefi Dyan Nofia Harumike, "Sejarah Perkembangan Dan Implikasi Internet Pada Media Massa Dan Kehidupan Masyarakat", Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1.No. 1 (2021)
- Baihaqi Nu’am, Bisnis Berbasis Syariah, ed. by Baihaqi Nu’am, Sinar Graf Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
- Harries madiistriyatno, Dudung Hadiwijaya, "Generasi Milenial: Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis Dan Adversity Quotient (AQ), Indigo Media", 2019
- Juman, Kundang K, Dasar Sistem Informasi, Jakarta: Universitas Esa Unggul, 2020
- Maharani, Zunia Nanda, "Pengaruh E-Commerce, Pemanfaatan IT(Information Technology) Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Online", Skripsi Jurusan Ekonomi Syarah,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus", 2022
- Rahayu, Endang, "Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Islam" Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Subject | |
Type | Other |
Download (45KB) Indexing metadata |