PERAN MEDIA DAN KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK PERSEPSI INVESTOR TERHADAP CITRA INVESTASI SYARIAH

Jumarni Jumarni* -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/iebjournal.v6i1.6341

Investasi syariah adalah salah satu alternatif investasi paling mutahir dalam memperoleh keuntungan tanpa keluar dari nilai etika dan kepatuhan terhadap hukum islam. Meskipun investasi syariah menawarkan potensi keuntungan yang signifikan, namun persepsi investor dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk informasi yang mereka terima melalui media dan komunikasi. Jika demikian, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peran dari media dan komunikasi dalam membentuk persepsi investor terhadap citra dari investasi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan peran dari media dan komunikasi dalam membentuk persepsi investor terhadap citra dari investasi syariah, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu literatur dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dan komunikasi memainkan peran penting dalam membentuk persepsi investor terhadap citra investasi syariah. Informasi yang disampaikan melalui media dan komunikasi dapat mempengaruhi minat dan pengetahuan investor terhadap investasi saham. Hal ini menunjukkan bagaimana media dan komunikasi mempengaruhi persepsi investor terhadap investasi syariah membantu merancang strategi yang lebih efektif untuk memperkuat citra investasi syariah secara keseluruhan.

Supplement Files

Keywords
Investasi Syariah, Media , Komunikasi, Persepsi Investor
  1. Anugrah, D. (2023). Komunikasi Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tujuannya. UMSU. https://fisip.umsu.ac.id/2023/08/07/komunikasi-adalah-pengertian-jenis-dan-tujuannya/
  2. Ardan, F. (2024). Pengertian, Jenis-jenis, serta Fungsi Media. Humaniora. https://mediaindonesia.com/humaniora/451206/pengertian-jenis-jenis-serta-fungsi-media
  3. Azikin, N., Habbe, A. H., Ibrahim, M. A., & Yahya, A. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Investor Berinvestasi Syariah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontenporer, 10(1), 1–94
  4. Biasa, B. W. (2019). Bukan Wanita Biasa: Yuk Pahami Peran Wanita dalam Keuangan Keluarga. Otoritas Jasa Keuangan. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40706
  5. Choiriyati, S. (2020). Peran Media Massa dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 21–27.
  6. Dalegi, F. R., Mingkid, E., & Rondonuwu, S. (2019). Persepsi Masyarakat tentang Berita Online diSurat Kabar Sindo. Acta Diurna Komunikasi, 1, 12. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/26314/0
  7. Fatmawati, N. (2021). Berkomunikasi Secara Efektif, Ciri Pribadi yang Berintegritas Dan Penuh Semangat. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/13988/Berkomunikasi-Secara-Efektif-Ciri-Pribadi-yang-Berintegritas-Dan-Penuh-Semangat.html
  8. Hafiizh, M. (2019). Peran Sosial terhadap Persepsi Aktifis Mahasiswa Fisip Undip Sebagai Pemilih Pemula dalam Pilpres 2014. Journal of Politic and Government Studies, 4(3), 350– 359. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/8901
  9. Hernawati. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat. Sulselprov.Go.Id. https://sulselprov.go.id/welcome/post/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku-masyarakat
  10. Indonesia, P. (2023). Ketahui Manfaat Investasi Syariah, Jenis, dan Cara Berinvestasi. Prudential Syariah. https://www.prudentialsyariah.co.id/id/pulse/article/manfaat-investasi-syariah/
  11. Jaenudin, & Sukardi, H. A. (2019). Pengaruh Persepsi Investasi terhadap Minat Berinvestasi Sagam di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Investor Galeri Investasi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung). Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan, 3(2), 1–10.
  12. Kamil, H. H., & Tanno, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Investor Berinvestasi, Latar Belakang Pendidikan dan Penghasilan Sebagai Variabel Kontrol. Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1622–1637. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.568
  13. Kompas. (2022). Mengapa Persepsi Memengaruhi Komunikasi? Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/18/100000069/mengapa-persepsi-emengaruhi-komunikasi-
  14. Lestari, A. (2023). Hubungan Dengan Media Sebagai Komunikasi Eksternal Perusahaan. Communication. Binus.Ac.Id. https://communication.binus.ac.id/2015/11/13/hubungan- dengan-media-sebagai-bentuk-komunikasi-external-perusahaan/
  15. Mas’udi. (2023). Peran Media dalam Membentuk Sosio-Kultur dan Agama Masyarakat (Menggagas Prinsip-prinsip Etis dalam Jurnalistik). AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, I(2), 211–231.
  16. Mubarok, F. K. (2022). Peran Sosialisasi dan Edukasi dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Berinvestas di Pasar Modal Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 603–613. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i3.1973
  17. Naldi, G. A., & Muljaningsih, S. (2022). Pengaruh Motivasi, Persepsi Risiko, Pengetahuan terhadap Investasi pada UMKM melalui Platform Securities Crowdfunding. Islamic Economic and Finance in Focus, 1(1), 50–60.
  18. Nurmuslimah, A. S., & Sosianika, A. (2019). Efek Komunikasi Media Sosial pada Persepsi Konsumen dan Niat Neli: Studi terhadap Akun Resmi Merek di Line. Prosiding Industrial Research …, 10(1), 637–645. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/1491
  19. Ojk, H. (2020). Pasar Modal Syariah. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/pages/syariah.aspx
  20. Pardiansyah, E. (2020). Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam : Pendekatan Teoritis dan Empiris Pendahuluan Dewasa ini , kita mengenal investasi “ bodong ” yang dilakukan oleh orang. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 337–373. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/economica.2017.8.2.1920
  21. Ratmojoyo, Y. S., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Saham Syariah. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 115–131. https://doi.org/10.21154/etihad.v1i2.3236
  22. Rebecca, P. (2020). Implementasi Tanggung Jawab Investor Relations Corporate Website 9 Perusahaan Fortune 2012. Jurnal E-Komunikasi, 1(3), 80–91
  23. Sakinah. (2022). Investasi dalam Islam. Jurnal Iqtishadia, 1(2), 249–262.
  24. Setiadi, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 2(1), 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
  25. STUDilmu, E. (2024). Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Tujuan Tomunikasi. STUDILMU. https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-komunikasi-secara-umum-dan-tujuan-komunikasi
  26. Tohari, T., Nurhayadi, Y., & Hidayat, F. (2023). Pengenalan Investasi Syariah kepada Siswa SMA MBS KI Bagus Hadikusumo Jampang Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 198–205
  27. Yanuar, H. (2023). Peran Penting Media Massa Pengaruhi Persepsi Masyarakat Soal Isu Bunuh Diri. Liputan 6. https://www.liputan6.com/regional/read/5429294/peran-penting-media-massa-pengaruhi-persepsi-masyarakat-soal-isu-bunuh-diri

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (109KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-05-27
Published: 2024-06-10
Section: Articles