STRATEGI PENERAPAN BUSINESS PLAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mebel PT Al Faqih Putra Risjaya)

Irmayanti Irmayanti* -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone, Indonesia
Hasni Hasni -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/iebjournal.v4i1.3502

Business plan merupakan suatu rencana tertulis yang berisi tentang usaha yang akan dikelola, visi dan misi bisnis, entrepreneur dengan usahanya serta cara atau strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, (2) Bagaimana efektivitas penerapan business plan dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal pendirian bisnis hingga saat ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan, aspek pemasaran (produk, harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek operasional/produksi serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Adanya penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat penerapan business plan maka akan semakin tinggi tingkat potensi laba yang akan diperoleh dan semakin besar peluang untuk membuka cabang usaha dalam rangka pengembangan bisnis. Dalam perspektif ekonomi Islam, penerapan business plan dalam menjalankan kegiatan usaha pada PT Al Faqih Putra Risjaya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam yaitu tauhid, keadilan dan keseimbangan, kehendak bebas dan tanggung jawab, dan juga pada kegiatan ekonomi yang dilakukan telah mencontoh sifat-sifat Nabi Muhammad saw yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah.

Keywords
Business Plan; Peningkatan Penjualan; Perspektif Ekonomi Islam.
  1. Ardi, Muhammad. “Etika Bisnis Dalam Ekonomi Islam”, Jurnal Syariah, Vol.III, No.1, April 2015.
  2. Kamil, Muslim. “Perencanaan Syariah”. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4, No. 3, Desember 2014.
  3. M. Akmansyah,. “Perencanaan dalam Perspektif Manajemen Islam Telaah Al-Quran Surat Al-Anfal/8 Ayat 60”. Jurnal Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan, Lampung, 2015.
  4. Mursal. “Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah: Alternatif Mewujudkan Kesejahteraan Berkeadilan”, Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, Vol.1, No.1, Maret 2015.
  5. Pradiani, Theresia. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan”. Jurnal JIBEKA, Vol. 11, No. 2, Februari 2017.
  6. Putri, Andari dan Nazrantika Sunarto. “Perencanaan dan Pembuatan Bisnis Rainbow Pane Rotolato Tinjauan Aspek Pemasaran” Jurnal Inovasi dan Bisnis Politeknik Negeri Bengkalis, Riau, Vol. 6, Desember 2018.
  7. Supriyanto. “Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan FISE Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 6, No. 1, April 2009.
  8. Turmudi, Muhammad. “Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal ISLAMADINA, Vol. 18, No. 1, Maret 2017.
  9. Widharta, Willy Pratama dan Sugiono Sugiharto. “Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1, 2013.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-16
Published: 2022-12-16
Section: Articles
Article Statistics: 269 183