Efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah

Burhanuddin Burhanuddin* -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene, Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v20i2.1386

This study aims to determine the effectiveness of the application of the blended learning model on the ability to write scientific articles of students at STAIN Majene. This study uses a quantitative approach. The sample of this research is 30 students who take scientific article writing courses. The research instrument consists of test and non-test instruments. The data analysis technique used in this research is descriptive and inferential data analysis technique assisted by SPSS version 20 software. The results of this study indicate that there are differences in students' ability to write scientific articles before using the blended learning model and after using the blended learning model.

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model blended learning terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa di STAIN Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah penulisan artikel ilmiah yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan inferensial berbantu software SPSS versi 20.  Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa sebelum menggunakan model blended learning dan setelah menggunakan model pembelajaran blended learning.

Keywords
Blended Learning, Artikel Ilmiah
  1. Alamsyah Said, A. B. (2015) 95 Strategi Mengajar Active Learning. Edisi Pert. Jakarta: KENCANA.
  2. Amin, A. K. (2017) ‘Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar’, Jurnal Pendidikan Edutama.
  3. Dwiyogo, W. D. (2018a) ‘Pembelajaran PENJAS Berbasis Blended Learning’, Depok: Rajawali Pers. DEPOK, pp. 1–248.
  4. Dwiyogo, W. D. (2018b) ‘Pembelajaran PENJAS Berbasis Blended Learning’, Depok: Rajawali Pers, pp. 1–12. doi: 10.33197/jitter.vol3.iss1.2016.118.
  5. Kurniadi, F. (2017) ‘Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata’, AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), pp. 267–277. doi: 10.21009/aksis.010208.
  6. Rahmiati (2014) ‘Analisis Kendala Internal Mahasiswa Dalam Menulis Karya Ilmiah’, Al-Daulah, 4(2), pp. 327–343.
  7. Riset, K., Tinggi, D. A. N. P. and Ganesha, U. P. (no date) ‘No Title’.
  8. Sjukur, S. B. (2013) ‘Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi. doi: 10.21831/jpv.v2i3.1043.
  9. Suryoputro.dkk, G. (2012) Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah.
  10. Syabariah, S. (2001) ‘Menulis Artikel Ilmiah’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 5(2), pp. 72–75.
  11. Usman (2018) ‘Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Usman Kemandirian Belajar’, Jurnalisa, 04(No. 1), pp. 136–150.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-05-05
Published: 2022-03-14
Section: Articles
Article Statistics: 403 1292