Ethnomathematics Study at the Djoeang 45 Pekalongan Monument and Its Implementation in Mathematics Learning

Shindy Arizka Novilia, Lila Dalalah, Wieke Nur Ilma, Ahmad Faridh Ricky Fahmi

Abstract


Matematika dan budaya saling terkait dalam kehidupan sehari-hari dan memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya manusia. Etnomatematika sebagai kajian yang memadukan matematika dan budaya menjadi relevan dalam merangsang minat siswa dan memberikan motivasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur-unsur etnomatematika pada Monumen Djoeang 45 Kota Pekalongan dan mengimplementasikannya dalam pendidikan matematika di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, meliputi observasi, dokumentasi, dan telaah pustaka. Monumen Djoeang 45 Pekalongan sebagai objek penelitian memiliki arsitektur yang merefleksikan konsep matematika. Beberapa struktur dan motif batik Jlamprang yang menyelimuti monumen memberikan kontribusi terhadap kajian etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Monumen Djoeang 45 memuat konsep matematika seperti luas lingkaran, volume, dan luas permukaan bangun ruang tiga dimensi. Motif batik Jlamprang yang menyelimuti monumen juga memuat konsep refleksi geometri. Dalam implementasi pendidikan matematika, Monumen Djoeang 45 dapat dijadikan sebagai sumber belajar kontekstual. Para guru dapat memanfaatkan objek dan konsep matematika yang terdapat di monumen ini untuk memperkaya pengalaman belajar dan memotivasi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan matematika dengan pendekatan etnomatematika, menjembatani kesenjangan antara budaya, pendidikan, dan matematika.

 

Kata Kunci: Etnomatematika, Monumen, Batik, Pekalongan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v18i1.5603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




slot demo

link slot gacor

bandarjaya

jakseltoto

skintoto

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan

Published by Fakultas Tarbiyah IAIN Bone

Jl. HOS Cokroaminoto, Watampone, Kab. Bone, South Sulawesi

email: didaktika@iain-bone.ac.id

situs slot 4d diamond murah voucher game

Slot777

slot gacor

skintoto

situs toto

slot

slot

Bola88

mahjong ways

ini777

situs slot Modal138

slot gacor

sbotop login