MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA SEMPOA PADA ANAK DI TK AISYIAH LIMBUNG KEC. BAJENG KAB. GOWA
DOI : 10.30863/an.v17i1.6733
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media sempoa (2) Untuk mengetahui meningkatnya kemampuan berhitung anak menggunakan media sempoa. Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peserta didik kelas B TK Aisyiah Limbung yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sempoa dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di TK Aisyiah Limbung dengan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan berhitung pada peserta didik yang dimana pada pra siklus peserta didik yang mencapai kriteria berkembang sangat baik 0 dari 12 peserta didik. Dan pada siklus I peserta didik yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) yaitu sebanyak 6 orang atau dengan persentase 50%. Kemudian pada siklus II bertambah menjadi 10 orang atau dengan persentase 83% yang telah mencapai standar penilaian yang telah ditentukan
- Ahmad, Amala Bilqis. “Peran Media Sempoa Sebagai Alat Bantu Stimulasi Kemampuan Berhitung Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2, No. 2. 2021.
- Ayi Teiri, "Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Sempoa di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar" Jurnal Buah Hati 2, No. 1. 2015.
- Bujuri, Dian Andesta. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 9, No. 1. 2018.
- Cahayani, Aulia. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Corong Berhitung Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Nurhaq Kecamatan Baruga Kota Kendari :Doctoral dissertation, IAIN Kendari, 2002.
- Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahan, Jakarta, 2012.
- Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak – kanak. Jakarta: Depdiknas. 2007.
- Febiola, Komang Ayu. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3, No. 2. 2020.
- Februan, Syahyolan. “Sepenting Apa Media Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2, No. 1. 2022.
- Harefa Darmawan, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewarganegaraan”, Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9, No. 1. 2017.
- Hijriati, “Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood”, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 1, No. 2. 2017.
- Hasanah, Putri Maulida, Badruli Martati, Aristiana dan Prihatining Rahayu. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya Universitas Muhammadiyah Surabaya”, Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 7, No. 1. 2021.
- Iman dan Lucky Faisol, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Siswa Kelas V dengan Model Problem Based Introduction di SDN 4 Peleyan”, Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 2, No. 1. 2014.
- Karuniawati, Fajar, dan Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh. “Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-20 Melalui Penggunaan Media Corong Berhitung Pada Siswa Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Muslimat Wonocolo Surabaya”, JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 1, No. 1. 2019
- Kartini, “Meningkatkan Kemampuan Menghitung Melalui Media Sempoa Pada Anak Kelompok B TK Permata Ananda Sidoarjo”, Penelitian Tindakan Kelas (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2012), h. 11.
- Kemendiknas, Acuan Penyusunan Kurikulum PAUD, (Jakarta: Depdiknas, 2010), h.1. Nurmadiah. “Media Pendidikan.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5, No. 1. 2009.
- Nurrita Teni, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Misykat 3, No. 1. 2018.
- Ni Luh Suarni, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Abakus Kelompok B TK PGRI 2 MATARAM”, Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 2, No. 5. 2022.
- Ninik Yuliani dan Rosa Imani Khan, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng”, UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan 10, No. 1. 2016.
- Masdul, Muh Rizal. “Komunikasi Pembelajaran Learning Communication”, Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13, No. 2. 2018.
- Miftah, M. “Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa”, Jurnal Kwangsan 1, No. 2. 2013.
- Mar’atusholihah, Herlinda, Wawan Priyanto, Aries Tika Damayani, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Ilmu Pendidikan. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan”, Mimbar PGSD Undiksha 7, No. 3. 2019.
- Medinda Romlah, Nina Kurniah, Wembrayarli, “Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa”, Jurnal Ilmiah Potensial 1, No. 2. 2016.
- Olua, Erna, Diana Setyaningsih, dan Yohana B. Pabendan. "Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Sempoa." Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 2.1. 2020.
- Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S., “Pengertian Pendidikan”, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, No. 6. 2022.
- Pratama, Erwan, dan Mulyati, "Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19". Gagasan Pendidikan Indonesia 1, No. 2. 2020.
- Prawastiningtyas, Devita Philia. “Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK PKK Kartini Padokan Kidul TirtonirMolo Kasihan Bantul”, Pendidikan Guru PAUD S-1. 2, no. 4.1994.
- Rahayu, Kuat. “Identifikasi Kemampuan Anak TK Kelompok B Di Kelurahan Ringinharjo Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul.” Pendidikan Guru PAUD S-1 5, No. 7. 2014.
- Sri Rejeki, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Sebagai Lambang Banyaknya Benda Melalui Media Benda Alam Pada Anak Kelompok ‘A’ TK AlHusna Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 1. 2015.
- Slameto, "Implementasi Penelitian Tindakan Kelas", Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 5, No.3. 2015.
- Saputra, A. D., “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas V SD N 1 Sumberagung”, Doctoral dissertation, IAIN Metro, 2020.
- Wijayanti, Shinta Pandu, and Meidawati Suswandari, “Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar”, Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 4, No. 1. 2022.
Copyright (c) 2024 AN-NISA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Article Info
Submitted: 2024-06-19
Published: 2024-06-19
Section: Anak