Pentingnya komunikasi orang tua terhadap perkembangan pendidikan anak pada SM SATAP 6 Ponre Kabupaten Bone

Sultan Hasanuddin* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/an.v13i2.3994

This study discusses the importance of parental communication on the development of children's education at SMP Satap 6 Ponre, Bone district. In lembanga, communication is very important in realizing a common vision. Especially in achieving the vision of education, communication between educators and parents of students is needed. Because with communication, various problems can be resolved properly. Especially at SMP Satap 6 Ponre, Bone Regency, which is located in a remote area and has limited information, so intense communication can be a solution in overcoming these problems. The purpose of this study was to provide an overview of the importance of parental communication on the development of children's education at SMP Satap 6 Ponre, Bone district. The research method used is descriptive qualitative method, which describes the importance of communication from the object of research. Data collection techniques in this study were observation, interview and documentation study, while data processing through three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The approaches used in this research are pedagogical and sociological approaches. The results showed that the level of communication intensity between parents and teachers at SMP Satap 6 Ponre was going well, this was evidenced by the involvement of parents in formulating strategic policy directions in school development.

Penelitian ini membahas tentang pentingnya komunikasi orang tua terhadap perkembangan pendidikan anak pada SMP Satap 6 Ponre kabupaten Bone. Di lembanga Komunikasi memang sangat penting dalam mewujudkan visi bersama. Terkhusus pada pencapaian visi pendidikan maka komunikasi antara pihak pendidik dengan orang tua peserta didik sangatlah dibutuhkan. Karena dengan adanya komunikasi maka berbagai permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Terlebih pada SMP Satap 6 Ponre Kabupaten Bone yang lokasinya berada di daerah pedalaman dan memiliki keterbatasan informasi maka komunikasi secara intens dapat dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahn tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pentingnya komunikasi orang tua terhadap perkembangan pendidikan anak pada SMP Satap 6 Ponre kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan mengenai pentingnya komunikasi dari objek penelitian. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi sedangkan pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu pendekatan paedagogik dan sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat intensitas komunikasi antara orang tua dengan guru pada SMP Satap 6 Ponre sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dibuktikan dengan adanya keterlibatan orang tua dalam merumuskan arah kebijakan strategis dalam pengembangan sekolah.

Keywords
Komunikasi; Anak; Orang Tua
  1. Abustam, M. Idrus. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkakan Kualitas Sekolah. “Makalah untuk Pentaloka Sekolah dan Orang Tua Siswa”. Ujungpandang.
  2. Achmad, A.S., 1992. Komunikasi, Media Massa dan Khalayak. Hasanuddin University Press. Ujungpandang.
  3. Bogda, dkk, Introduction to Qualitative Research Method, New York: Jhon Willey, 1984.
  4. Cangara, Hafied. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
  5. Departemen Agama RI., 1971, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Yakarta: Yayasan Penyelenggaraan Penerjemah dan Penafsir Al-Qur’an.
  6. Departemen Pendidikan dan kebudayaan, 1994, Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Depdikbud,
  7. Efendi, O.U. 1995. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  8. Goode, William J. 1983. Sosiologi Keluarga. Terjemahan. Bina Aksara. Jakarta.
  9. Gunarsa, Singgih D. 1995. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. BPK Gunung Mulia. Jakarta.
  10. Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Cet. XX; Yogyakarta: Percetakan Andi, 1987
  11. Moleong, Lexy J, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
  12. Nasih Ulwan, Abdullah, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, Cet. XXXII; Kairo Mesir: Darussalam.
  13. Said Mursy, 2003, Muhammad, Seni Mendidik Anak, Cet. I; Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
  14. Sendjaja, S.Dj. 1993. Pengantar Komunikasi. Universitas Terbuka. Jakarta.
  15. Sugiyono, 1999. Statistik untuk Penelitian. :Alfabeta. Bandung.
  16. Sulistyaningsih, Wiwik, 2008, Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak, Cet. I; t.tp.: Paradigma Indonesia.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-05
Published: 2023-02-05
Section: Anak
Article Statistics: 180 486