Deskripsi pedagogical content knowledge guru matematika SMK ditinjau dari perbedaan gender

Sirwanti Sirwanti* -  , Indonesia
Mulyadi Mulyadi -  Universitas Terbuka, Indonesia
Muhammad Syafruddin -  UIN Alaudin Makassar, Indonesia

DOI : 10.30863/an.v13i2.3992

The differences of gender can be affect the ability pedagogical content knowledge of mathematics teachers. The purpose of this study is to find out the mathematics teacher's pedagogical content knowledge by gender. This type of research is qualitative descriptive. The subject consisted of one female teacher and one male teacher. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study indicate that according to the two teachers have carried out mathematics learning well, have implemented existing learning models for students, have carried out assessments in accordance with aspects of the 2013 curriculum assessment. Both teachers lack the use of teaching aids during mathematics learning. Female teachers are more active during learning than male teachers. Female teachers are more aware of the material contained in the 2013 curriculum. For the whole, mathematics teacher's pedagogical content knowledge looks superior to female teachers compared to male teachers.

Perbedaan gender dapat berpengaruh pada kemampuan pedagogical content knowledge guru matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pedagogical content knowledge guru matematika berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek terdiri dari satu guru perempuan dan satu guru laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut kedua guru sudah melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik, sudah menerapkan model-model pembelajaran yang ada kepada siswa dan sudah melakukan penilaian sesuai dengan aspek penilaian kurikulum 2013. Kedua guru kurang dalam penggunaan alat peraga saat pembelajaaran matematika. Guru perempuan lebih aktif pada saat pelaksanaan pembelajaran dibandingkan dengan guru laki-laki. Guru perempuan lebih paham mengenai materi yang ada dalam kurikulum 2013. Secara keseluruhan, pedagogical content knowledge guru matematika terlihat lebih unggul guru perempuan dibandingkan dengan guru laki-laki.

Keywords
pedagogical content knowledge; guru; matematika
  1. Apriliyanti, Dita. 2016. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru SMP dalam Materi Perbandingan.
  2. Diana Nur Putri 2019. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No.1 Tahun 2019
  3. Mampouw, Helti Lygia. 2011. Pedagogical content knowledge guru pada pembelajaran tentang luas gabungan di sekolah dasar.
  4. Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  5. Nugroho, Riant. Gender dan Strategi Pengarus-Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91-97.
  7. Windarto, Agus. 2016. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru pada Materi Aljabar Kelas VII di SMP Kecamatan Bringin.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-05
Published: 2023-02-05
Section: Gender
Article Statistics: 127 4886