Perspektif pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner dan gender
DOI : 10.30863/an.v13i2.3989
This type is a literature study that aims to analyze some research results on Understanding Student Concepts In Mathematics Learning Based on Bruner Theory and Gender. The study found that Bruner's concept comprehension model explained that concept formation and concept understanding are two different categorizing activities that demand different thought processes. A good way to learn is to understand concepts, meanings, and relationships, through an intuitive process and finally come to a conclusion (discovery learning). In mathematics learning a student must understand / have good concept comprehension skills as the basis for further material development. To achieve understanding the concept of learners in mathematics is not an easy thing because the understanding of a mathematical concept is done individually. Basically, there are several factors that affect the learning of mathematics students, one of which is the internal factor that is a factor arising from within the individual itself. There are individual learning differences between men and women in learning mathematics as follows: 1) Men excel in reasoning, women excel in accuracy, thoroughness, accuracy, and careful thinking. 2) Men have better math and mechanics skills than women, these differences are not noticeable at the elementary school level but become clearer at a higher level.
Jenis ini merupakan studi kepustkaan yang bertujuan untuk menganalisis beberapa hasil penelitian tentang Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Bruner dan Gender. Penelitian ini menemukan bahwa model pemahaman konsep Bruner menjelaskan bahwa pembentukan konsep dan pemahaman konsep merupakan dua kegiatan mengkategori yang berbeda yang menuntut proses berpikir yang berbeda pula. Cara yang baik untuk belajar adalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif dan akhirnya sampai pada suatu kesimpulan (discovery learning). Dalam pembelajaran matematika seorang siswa harus memahami/ memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik sebagai dasar untuk pengembangan materi lebih lanjut. Untuk mencapai pemahaman konsep peserta didik dalam matematika bukanlah suatu hal yang mudah karena pemahaman terhadap suatu konsep matematika dilakukan secara individual. Pada dasarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi belajar matematika siswa, salah satunya adalah faktor intern yang merupakan faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri. Ada perbedaan belajar individu antara laki-laki dan perempuan dalam belajar matematika sebagai berikut: 1) Laki-laki lebih unggul dalam penalaran, perempuan lebih unggul dalam ketepatan, ketelitian, kecermatan, dan keseksamaan berpikir. 2) Laki-laki memiliki kemampuan matematika dan mekanika yang lebih baik dari pada perempuan, perbedaan ini tidak nyata pada tingkat sekolah dasar akan tetapi menjadi tampak lebih jelas pada tingkat yang lebih tinggi.
- Benbow, C. P., & Lubinski, D. (1988). Consequences of Gender Differences in Mathematical Reasoning Ability and Some Biological Linkages. The Development of Sex Differences and Similarities in Behavior, 87–109. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-011-1709-8_6
- Clerkin, B., & Macrae, F. (2006). Men Are More Intelligent Than Women, Claims New Study. Retrieved from http://www.dailymail.co.uk/news/article- 405056/Men-intelligent-women- claims-new-study.html
- Leahey, E., & Gou, G. (2001). Gender Differences in Mathematical Trajectories. Social Forces, 80(2), 713–732.
- Tiro, M. A. (2010). Cara yang Efektif untuk Mempelajari Matematika. Makassar: Andira Karya Mandiri.
- Yaniawati, P. (2013). Peningkatan Daya Matematika (Mathematical Power) melalui Pengembangan Bahan Ajar dan Asesmen Berbasis E-Learning. Universitas Pasundan Bandung.
- Tiro, M Arif (2010). Cara Yang Efektif Untuk Mempelajari Matematika. Andira Karya Mandiri. Makassar
- Haris Fazlurrachman, 2008. Monograf Bahan Ajar Gender. http://curhatpendidikan. blogspot.com/2008/07/monograf.html. (6-1-2009). 8 Suhendra Yusuf, “Perbandingan Gender dalam pembelajaran.
- Kristi Liani Purwanti. Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas I Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Walisongo Semarang
- Khasanah, Risky Esti Utami, Rasiman. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender Maratus Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 2, No. 5, September 2020, Hal. 347-354
- Dahar, W.R. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.