Konsep psikologi Islam tentang pelaku konversi agama (muallaf)

Ahmad Irfan* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/an.v13i2.3985

This research is included in the category of library research, because the data sources only come from written materials published in the form of journals, books, and other sources that are considered representative and relevant. The concept of Islamic psychology regarding religious converts in this case is referred to as converts, influenced by the intervention of Allah Almighty, by providing guidance to the conscience of the converters, because the potential for guidance is related to psychological infrastructure, namely reason, heart, lust, lust and conscience. which has an impact on human intelligence, namely intellectual intelligence (IQ), emotional intelligence (EQ) and spiritual intelligence (SQ).

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka (library research), karena sumber datanya hanya berasal dari bahan-bahan tulisan yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal, buku, dan sumber lainnya yang dianggap repsentatif dan relevan. Konsep psikologi Islam tentang pelaku konversi agama dalam hal ini disebut sebagai muallaf dipengaruhi oleh intervensi Allah swt., dengan memberikan hidayah ke dalam nurani pelaku konversi tersebut, karena potensi datangnya hidayah berhubungan dengan infrastruktur psikologis yaitu akal, hati, syahwat, hawa nafsu dan nurani, yang berdampak kepada kecerdasan manusia yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).

Keywords
Pengasuhan; Ibu bekerja; Kemandirian; Adversity quotient
  1. Ali, A Mukti, Agama Dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer (Tiara Wacana Yogya, 1998)
  2. Daradjat, Zakiah, Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental (Gunung Agung, 1973)
  3. Darajat, Zakiah, ‘Ilmu Jiwa Agama, Jakarta’, Bulan Bintang, 2005
  4. Ghazali, Ali, and Thobib Al-Asyhar, ‘Psikologi Islam: Pesona Tradisi Keilmuan Yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Ketuhanan Dan Sains’, Jakarta: Saadah Cipta Mandiri, 2012
  5. Hasan, B Purwakania, ‘Aliah, Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: PT’, Raja Grafindo Persada, 2008
  6. Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan (Kencana, 2011)
  7. Jalaluddin, H, ‘Psikologi Agama Edisi Revisi 2012’, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012
  8. Jalaluddin, Psikologi Agama, ‘Memahami Perilaku Dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi’, Jakarta: Rajawali Pers, 2012
  9. James, William, The Varieties of Religious Experience (Amazon Distribution GmbH, 1961) Mubarok, Achmad, Jiwa Dalam Al-Qur’an: Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern (Penerbit
  10. Paramadina, 2000)
  11. ———, Psikologi Islam: Kearifan & Kecerdasan Hidup (International Institute of Islamic Thought (IIIT), 2009)
  12. Rambo, Lewis R, Steven Bauman, and Jiazhi Fengjiang, ‘Toward a Psychology of Converting in the People’s Republic of China’, Pastoral Psychology, 61.5 (2012), 895–921
  13. Ri, Departemen Agama, ‘Al-Qur’an Dan Tafsirnya’, Jakarta: Lentera Abadi, 2010
  14. Sabiq, Sayyid, ‘Fiqhus Sunnah-Terj. Fiqih Sunnah’, Jakarta: PT Pena Pundi Aksara, 2009
  15. Shihab, Quraish, ‘Tafsir Al-Misbah. 2012’, Jakarta: Lentera Hati
  16. Syukur, Dister Nico, ‘Pengalaman Dan Motivasi Hidup Beragama’, Pengantar Psikologi Agama, Leppenas, Jakarta, 1982
  17. Tan, Nur A’thiroh Masyaa’il, Ai Poa, and Fariza Md Sham, ‘KEPERLUAN MEMAHAMI PSIKOLOGI SAUDARA MUSLIM (The Need to Understand the Psychology of Muslim Converts)’, Jurnal Hadhari: An International Journal, 1.2 (2009), 83–97
  18. Umar, Nasaruddin, ‘Tasawuf Modern: Jalan Mengenal Dan Mendekatkan Diri Kepada Allah Swt’, Jakarta: Republika, 2014
  19. Zakiah, Drajat, ‘Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT’, Bulan Bintang, 1975

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-05
Published: 2023-02-05
Section: Gender
Article Statistics: 354 284