Single parent role in child psychological development
DOI : 10.30863/an.v13i1.3976
This study aims to examine how single parent parenting is applied in fostering children's psychological development. This research is a qualitative research in the form of observation and interview studies. Research subjects (respondents) in this study are single parents due to divorce and death in Krapyak Village, Pekalongan City, Central Java. Meanwhile, the theory used as an analysis knife is the theory of parenting and the theory of psychology of child development. This study concludes that there are three parenting styles performed by single parents in Krapyak Village, Pekalongan City. First, democratic parenting. This parenting pattern has an impact on the child's behavior according to their psychomotor development. Second, authoritarian parenting. This parenting has implications for irritability, cowardice, irritability and emotionality. Third, permissive parenting. This parenting produces behavior in accordance with their own desires and causes the child to be aggressive, rebellious, and lack self-confidence.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pengasuhan orang tua tunggal diterapkan dalam membina perkembangan psikologis anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa observasi dan studi wawancara. Mata pelajaran penelitian (responden) dalam penelitian ini adalah orang tua tunggal akibat perceraian dan kematian di Kelurahan Krapyak, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Sementara itu, teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah teori pengasuhan dan teori psikologi perkembangan anak. Penelitian ini menyimpulkan ada tiga gaya pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua tunggal di Kelurahan Krapyak, Kota Pekalongan. Pertama, pengasuhan demokrasi. Pola pengasuhan ini berdampak pada perilaku anak sesuai dengan perkembangan psikomotor mereka. Kedua, pengasuhan otoriter. Pengasuhan ini memiliki implikasi untuk lekas marah, pengecut, lekas marah dan emosionalitas. Ketiga, pengasuhan permisif. Pengasuhan ini menghasilkan perilaku sesuai dengan keinginan mereka sendiri dan menyebabkan anak menjadi agresif, memberontak, dan kurang percaya diri.
- Anggraini, Helni, Ami Amir, Yantri Maputra, 2019. “Hubungan Pola Asuh Single parent Ibu dengan Kematangan Emosi dan Keterampilan Sosial pada Anak Pra Sekolah Usia 4-6 tahun di PAUD Kecamatan Koto Tangah Kota Padang”, Jurnal Kesehatan Andalas, Vol.8, No.4.
- Anisah, Ani Siti. 2011. “Pola Asuh Orangtua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak”, Jurnal Universitas Garut, Vol. 5, No. 1.
- Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orangtua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak”, Thufula, Vol. 5 No. 1.
- Cristiani. 2014. “Konsep Diri, Pola Asuh Demokratis dan Kompetensi Sosial Siswa”, Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.3 No. 1.
- Desy. 2015. “Pola Asuh Single parent dalam Mendidik Agama Islam Kasus Di Desa Rejosari Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII, No.1, Juni.
- Drajat, Zakariyah. 2001. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
- Fitri, Eliza Riani, Rustiyarso, Izhar Salim. TT. “Penerapan Pola Asuh Oleh Orang Tua Tunggal (Ibu)
- Dalam Pencapaian Pendidikan Formal Anak”.
- Hidayati, Nur Istiqomah. 2014. “Pola Asuh Otoriter Orangtua, Kecerdasan Emosi Dan Kemandirian Anak SD”, Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.3 No.1.
- Istati, Mufida. 2016. “Perkembangan Psikologi Anak di Kelas IV SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin”, Terbiyah Islamiyah, Vol.6, N0.2, Juli-Desember.
- Istiani, Nurul, Athoillah Islamy. 2018. “Objektifikasi Nilai-nilai Psiko-Sufistik dalam Pendidikan Spiritual”, Hikmatuna, Vol. 4 No. 2.
- Jalaludin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Latifa, Umi. 2017. “Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Perkembangannya”,
- Jurnal Academica, Vol.1 No.2, Juli-Desember.
- LN, Syamsu Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja
- Rosdakarya.
- Masni, Harbeng. “Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa”, Jurnal Ilmiah Dikdaya.
- Muslima. 2015. “Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak”, Gender Equality, Vo. 1 No. 1.
- Nirwana, Ade Benih. 2011. Psikologi Ibu, Bayi dan Anak. Bantul: Nuha Medika.
- Padjrin, 2016. Pola Asuh dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Intelektualita, Vol.5, No. 1.
- Rokhmah, Elfi Yuniani. 2010. Perkembangan Psikologis Anak MI/SD: Studi Atas Dampak Kepergian Ibu sebagai TKW Ke Luar Negeri”, Kodifikasi , Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial-BudayaNomor 1 Volume 4.
- Samiudin. 2017. “Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar Yang Diberikan”. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, Vol.12, No.1, April.
- Shohib, Moh. 2008. Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sholehudin, M. Sugeng. 2008. Psikologi Perkembangan dalam Perspektif Pengantar. Pekalongan: Stain Press.
- Sirait, Nenny Yuyu Dana & Irna Minauli. 2015. “Hardiness Pada Single Mother,” Jurnal Diversita, Vol.1, No.5.
- Suprihatin, Titin Suprihatin. 2018. “Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula: penguatan keluarga di zaman now: Fakultas Psikologi.
- Surbakti, E.B. 2012. Parenting Anak-anak. Jakarta: Gramedia.
- Suryat, Meryland dan Emmy Solina. 2019. “ Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Dalam
- Mendidik Anak Di Desa Lancang Kuning Utara,” Jurnal Masyarakat Maritim, Vol.3, No.2.
- Thoha, Chabib. 2006. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Trianingsih, Rima. 2016. Jurnal al-Ibtida, Vol. 3, No.2, Oktober.
- Widodo, Imas Ajeng R. TT. “Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Disiplin Anak Usia 4-6 Tahun di Desa Mranggen Kecamatan Purwosari Kabupaten Kediri”, Jurnal Unesa.
- Yusuf, Syamsu. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.