PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISME DALAM PEMBELAJARAN (STUDI PADA ANAK)
DOI : 10.30863/an.v15i1.3315
This article discusses the application of behaviorism learning theory in learning (studies in children) through the literature review method. In behaviorism learning theory has a basic concept that learning is an interaction between stimulus (stimulus) and response (response). This theory prioritizes measurement, because measurement is an important thing to see whether or not there is a change in behavior in children. The application of this theory requires teachers to identify learning objectives, conduct learning analysis, identify early characteristics and abilities of children, determine indicators of learning success, develop teaching materials, develop learning strategies to be used, observe stimuli that might be given to children such as exercises or assignments, observing and analyzing student responses, providing reinforcement, both positive and negative reinforcement, and finally revising learning activities
Artikel ini membahas mengenai penerapan teori belajar behaviorisme dalam pembelajaran (studi pada anak) melalui metode tinjauan literatur. Dalam teori belajar behaviorisme memiliki konsep dasar bahwa belajar merupakan interaksi antara rangsangan (stimulus) dan tanggapan (respon). Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi tidaknya perubahan tingkah laku pada anak. Penerapan teori ini menuntut guru agar mengindentifikasi tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik dan kemampuan awal anak, menentukan indikator keberhasilan belajar, mengembangkan bahan ajar, mengembangkan strategi pembelajaran yang akan digunakan, mengamati stimulus yang mungkin bisa diberikan kepada anak seperti latihan atau tugas, mengamati dan menganalisis respon pembelajar, memberikan penguatan (reinforcement) baik penguatan positif maupun negatif, dan terakhir merevisi kegiatan pembelajaran.
- Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://unida.ac.id/ojs/index.php/jtdik/article/viewFile/302/173
- Amalia, R., & Fadholi, A. N. (2018). Teori Behavioristik [Universitas Muhammadiyah Sidoarjo]. http://eprints.umsida.ac.id/1402/
- Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
- Fadhoil. (2015). Implementasi Pendidikan Humanistik dan Behavioristik dalam Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Pada MI Al Falah Kaliangkrik dan MI Al Islam Tonoboyo Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/110/1/Fadhoil%2C S.Ag_M1.13.022.pdf
- Fahyuni, E. F., & Istikomah. (2016). Psikologi Belajar dan Mengajar. Nizamia Learning Center.
- Hardianto, D. (2012). Paradigma Teori Behavioristik dalam Pengembangan multimedia Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/2807/2333
- Irwan. (2015). Teori Belajar Aliran Behavioristik Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Improvisasi Jazz. Jurnal PPKn Dan Hukum, 10(2), 95–117. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3652/3558
- Ismail, R. N., Mudjiran, & Neviyarni. (2019). Membangun Karakter melalui Implementasi Teori Belajar Behavioristik Pembelajaran Matematika Berbasis Kecakapan Abad 21. Menara Ilmu, XIII(11), 76–88. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1649
- Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar. Nusantara Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 64–74. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94/94
- Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Undiksha Press.
- Rozi, M. A. F. (2017). Strategi Memperkokoh Jantung Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161–180. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.161-180
- Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (Teori - teori Pembelajaran: Perspektif pendidikan). Pustaka Pelajar.
- Siregar, E. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
- Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
- Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
- Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
- Zulhammi. (2015). Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam Perspektif Pendidikan Islam. DARUL’ILMI: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 3(1), 105–125. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/364/1/356-1046-1-PB.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.