Meningkatkan Pemahaman Qawaid Melalui Metode Tutor Sebaya dalam Muthala’ah al-Qira’ah

hastang hastang* -  , Indonesia
Elma Mulyana -  IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v5i1.6800

Penelitian ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami maksud sebuah bacaan dengan pendekatan kaidah bahasa Arab yang dilakukan dengan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Penelitian dengan metode kuanlitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian yaitu semester 4 tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 22PBA1 dan 22PBA2. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi dengan instrument unjuk kerja dan pedoman observasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisa data kuanitatif.Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan metode ini teritegrasi dalam pembelajaran muthalaah 1. Dalam prosesnya, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Dalam 1 kelompok ada yang ditugaskan sebagai mentor dan lainnya sebagai anggota. Dasar untuk menunjuk mahasiswa menjadi seorang mentor adalah harus memiliki pemahaman Qawaid yang bagus karena ia bertugas membimbing anggota kelompoknya. Setelah melewati proses pembimbingan terhadap bacaan yang sudah dibagikan, maka anggota kelompok harus mempresentasikan hasil bimbingannya dalam bentuk analisis unsur-unsur kalimat yang ada dalam bacaan, menjelaskan fungsi-fungsi kata dalam kalimat yang berorientasi pada keshahihan hasil terjemahan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kelompok yang lain 2). Mahasiswa secara umum mampu menjelaskan unsur-unsur dasar dalam sebuah kalimat. Misalnya menjelaskan mubtada’ dan khabar dalam kalimat ismiyah, fi’il, fa’il, dan maf’ul dalam kalimat fi’liyah. 3) Mahasiswa sebagian sudah mampu membaca secara jahriyah dengan harakat yang benar, mampu menerjemahkan kalimat sesuai dengan fungsi-fungsi kata
Keywords
Qawaid, Metode Tutor Sebaya, Muthala’ah, dan Qiraah
  1. Ahmadi, Aulia Mustika Ilmiani. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Konvensional hingga Era Digital). Yogyakarta: Rijas Media, 2020.
  2. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
  3. Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
  4. Bawani, Imam. Tradisionalisme dalam Islam. Surabaya: AL-Ikhlas, 1993.
  5. Burj, Taufiq. Musykilat Ta’lim al-Arabiyyah Li Ghairi an-Nathiqina biha, dalam as-Sijl al-Ilm LiNadwah al Alamiyah Li Ta’lim al-Arabiyyah Li Ghairi an-Nathiqina biha. Riyad : Imadat Syu’un al-Maktabat, Kairo: Dar al-Ma’arif, 1980.
  6. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina.Sosiolinguistik Perkenalan Awal.Cet.2; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
  7. Chejne, Anwar G. Bahasa Arab dan Peranannya, terj. Aliudin Mahjudin. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1996.
  8. Departemen Agama RI, Al-qur’an dan Terjemahannya. Semarang:Thoha Putra;1989.
  9. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
  10. Effendi, Ahmad Fuad.Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Malang: Misykat, 2005.
  11. Hermawan, Acep.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
  12. Mulyadi.Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Malang : Nuha Litera, 2008.
  13. Sadirman.Interaksi dan Motiasi Belajar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2011.
  14. Syekh Galaf, Kitab Sharaf .Cet. IV; Bonde: Salihin, 2005.
  15. Winataputra, Udin, S. Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999.
  16. Zulhannan.Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif .Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-06-25
Published: 2024-06-29
Section: Articles
Article Statistics: 96 14