Navigasi Pendidikan Abad Ke-21: Preferensi Mahasiswa Penguasaan Bahasa Arab Antara Dosen Dan Sumber Daya Online
DOI : 10.30863/awrq.v5i1.6071
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi preferensi mahasiswa terhadap metode pembelajaran bahasa Arab yang melibatkan interaksi dengan dosen dan penggunaan sumber daya online, dengan latar belakang kompleksitas dalam faktor-faktor yang memengaruhi pilihan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dari mahasiswa IAIN Kerinci. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa lebih memilih interaksi langsung dengan dosen dalam proses pembelajaran, namun terdapat apresiasi terhadap peran sumber daya online dalam mendukung pembelajaran mandiri dan fleksibel. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi antara kedua metode pembelajaran tersebut dalam memenuhi beragam preferensi dan kebutuhan mahasiswa dalam memperoleh pemahaman dan penguasaan bahasa Arab yang baik. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlunya lembaga pendidikan mengembangkan strategi pembelajaran yang responsif dan holistik untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Arab di era digital saat ini.
- Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Sistematic Literature Review. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301-309.
- Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Sistematic Literature Review. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301-309.
- Ananda, R., Amiruddin, A., & Rifa'i, E. M. (2017). Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan.
- Anggrayni, D. (2023). Persepsi Dosen Dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Terhadap Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
- Annisa, M. N., & Safii, R. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi. ELOQUENCE: Journal of Foreign Language, 2(2), 313-328.
- Annisa, M. N., & Safii, R. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi. ELOQUENCE: Journal of Foreign Language, 2(2), 313-328.
- Fauzan, M. F., Aziz, I. A., Nisa, H., Shofiyyah, S., & Fu'adin, A. (2024). Tafsir Konten Bahasa Arab: Pandangan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Bahasa Arab Di Era Digital. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(1), 01-11.
- Fernadi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan Sebagai Media Pendidikan Bagi Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 95-104.
- Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).
- Handayani, F., Hasyim, D. M., Suryono, W., Sutrisno, S., & Novita, R. (2023). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1265-1271.
- Hanifah, U. (2016). Penerapan model PAIKEM dengan menggunakan media permainan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 301-330.
- Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.
- Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.
- Hidayah, Y., Kurniawan, I. D., & Ginusti, G. N. (2023). Penggunaan Literasi Informasi untuk Pengembangan Watak Kewarganegaraan: Interaksi antara Pendidikan Kewarganegaraan, Teknologi dan Bahasa. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 8(1), 65-75.
- Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94.
- Indriyati, N. (2023). Peran Media Sosial dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Kependidikan, 11(2), 240-253.
- Ismunandar, A., & Kurnia, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 388-397.
- Katminingsih, Y. (2009). Vygotsky dan Teorinya dalam Mempengaruhi Desain Pembelajaran Matematika. Malang, STKIP PGRI Blitar.
- Khairun, N., Syafitri, E., Wulandari, S., Sugesti, P., & Indria, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT Mahasiswa FKIP Universitas Asahan. GERAM, 11(2), 43-54.
- Khotimah, I. (2020). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan, 5(2), 543-552.
- Mahdi, T. A., & Uyuni, Y. R. (2023). Transformasi Bahasa Arab dalam Era Digital dalam Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1487-1498.
- Manoppo, N., Laubaha, S. A., & Basarata, N. (2022). Ragam Aplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 80-97.
- Mardiah, A., Haryanto, H., Astuti, A., Widyatiningtyas, W., Riyanti, A., & Rukiyanto, B. A. (2024). Analisis Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (Lms) Dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 540-550.
- Maulana, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Bumi Aksara.
- Muradi, A. (2016). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: Dalam Perspektif Komunikatif. Prenada Media.
- Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.
- Nirmala, N., Fitriah, F., Rais, A., & Hasfikin, S. (2023). Pengembangan Materi Istima’Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media Online Pada Mahasiswa Pba Semester 1 Iain Ambon. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 5(2), 119-130.
- Novianto, I. (2011). Perilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa. Surabaya: Universitas Airlangga.
- Pribadi, B. A. (2009). Desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
- Qomaruddin, F., & Haq, M. A. I. (2023). Efektifitas Metode Langsung Terhadap Maharah Kalam Pada Program Muhadatsah Pondok Pesantren Mamba’Us Sholihin. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 19(01), 73-98.
- Ritonga, S. (2023). Strategi Dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Guru Di Era Teknologi Modern. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 378-395.
- Santoso, F. S. (2020). Masa Depan Pendidikan Hukum Islam Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Refleksi Pembelajaran Di Masa Kedaruratan COVID-19. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 10(1), 13-26.
- Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 178-191.
- Sari, D. C., Purba, D. W., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi pendidikan lewat transformasi digital. Yayasan Kita Menulis.
- Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 5(2), 104-126.
- Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 003-013).
- Zaidar, M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pengembangan Karakter Anak di Era Modern: Kajian Konseptual. Islamic Insights Journal, 5(1), 42-55.
- Zulfitria, Z., Ansharullah, A., & Fadhillah, R. (2020, October). Penggunaan teknologi dan internet sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.