Integrasi Aplikasi Wondershare Filmora dan Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Upaya Peningkatan Penguasaan Mufradat Mahasiswa UIAD Sinjai

Nur Agung* -  IAIM Sinjai, Indonesia
Husnaini Jamil -  IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v4i2.5546

Perkembangan teknologi digital saat ini hamper enyentul semua lini kehidupan, terutama Pendidikan. Proses pembelajaran klasikal mulai beralih menjadi pembelajarn modern yang berbasis pada pemanfaatan aplikasi-aplikasi terkait. Hal ini menjadikan penyajian materi pembelajaran juga harus berubah mengikuti model pembelajaran yang digunakan, tak terkecuali materi ajar Bahasa Arab, seperti mufradat. Penggunaan buku cetak sudah mulai ditinggalkan, dan digantikan dengan materi pembelajaran digital, baik berupa video pembelajaran, slide presentasi ataupun e-book. Banyak aplikasi digital yang dapat digunakan untuk menyusun materi dalam bentuk digital, salah satunya adalah wondershare filmora dan youtube. Kedua aplikasi ini, akan menghasilkan video pembelajaran interaktif untuk berbagai kalangan peserta didik, mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Keywords
Wondershare filmora, youtube, bahasa arab, mufradat
  1. Anggraeni, Y, Z Arifin, D Kurniawan, and Tri Wahyuningsih, ‘Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora Pada Pelajaran Matematika Materi Nilai Mutlak Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Masa Covid-19’, Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4.1 (2021), 80–90
  2. Astuti, Widi, ‘BERBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB’, Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 5.2 (2016), 178–90
  3. Aulia Mustika Ilmiani, Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, Yulia Rahmah, ‘MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8.1 (2020), 17–32
  4. Baiq Tuhfatul Unsi, ‘Pembelajaran Mufradar Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill’, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.1 (2020), 71–86
  5. Bouato, Yunita, Fitryane Lihawa, and Rusiyah Rusiyah, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam’, Jambura Geo Education Journal, 1.2 (2020), 71–79
  6. Darsa, Mifthachul Rizky, and Yuni Antika, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Sosial’, Multaqa Nasional Bahasa Arab UNIDA Gontor, 2020, 355–64
  7. Eliwatis, Eliwatis, and Sabarullah Sabarullah, ‘Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora’, At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2.1 (2021), 25
  8. Fridayanti, Andita Aprilia, ‘Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube Di MTs NU Mranggen’, Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4.1 (2021), 78–88
  9. Hamidah, Hamidah, and Marsiah Marsiah, ‘Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi’, Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8.2 (2020), 147–60
  10. Hartati, Ery, Desy Iba Ricoida, and Lisa Amelia Fransen, ‘Pemanfaatan Wodershare Filmora Dalam Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia Di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate, 1.1 (2021), 86–92
  11. Jamil, Husnaini, ‘EKSISTENSI METODE QAWAID TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA REVOLUSI 4.0’, Naskhi, 2.1 (2020), 30–39
  12. --------------------------, ‘An Nahwu Al Wazhifi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Perbandingan Teori ‘Athif Fadhl Muhammad’: Jurnal Al Waraqah, 3.2 (2022), 29-40 < https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alwaraqah/article/view/3737>
  13. Karami, Vika Elvira, ‘Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual ( Youtube Dan Tiktok ) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Seminar Nasional Bahasa Arab, 2021, 378–88
  14. Mardianah Haris, ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, Al Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5 (2021), 88–101
  15. Paramitha, Nurhapsari Pradnya, ‘Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Media Audio Visual Urnal Pendidikan Bahasa Arab’, Ihtimam, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1.2 (2018), 261–90
  16. Qomaruddin, Ahmad, ‘Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufadat’, Journal of Chemical Information and Modeling, 01.01 (2013), 1689–99
  17. Rahel Narda Chaterina, ‘Merdeka Belajar Di Rancang Untuk Prioritas Pelajar’, Kompas (Jakarta, 24 June 2021)
  18. Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan Reseach and Development, 2nd edn (Bandung: Alfabeta, 2016)

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-30
Published: 2024-01-12
Section: Articles
Article Statistics: 179 111