Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Rahmat Linur -  STAIN Mandailing Natal, Indonesia
Irmasani Daulay* -  STAIN Mandailing Natal, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v4i2.5544

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwasanya penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai memberikan manfaat yang siknifikan. Diantara, akses yang mudah dan fleksibel terhadap materi pembelajaran, yang dapat diakses oleh Mahasiswa kapan saja dan di mana saja dengan bantuan perangkat yang terhubung ke internet. Hal ini memudahkanMahasiswa untuk belajar secara mandiri, menyesuaikan kecepatan pembelajaran mereka, dan mengembangkan keterampilan Bahasa Arab mereka dengan lebih efektif. Penelitian ini mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari mahasiswa, tanggapan positif ini didasarkan pada beberapa alasan: penggunaannya mudah, fleksibel, praktis, dan ekonomis
Keywords
Google Classroom, Pembelajaran, Bahasa Arab
  1. Kerzik, J., Lutze, L., Dinter, B., & Koch, M. (2018). Industry 4.0 - A New Era of Global Communication. In Digital Marketplaces Unleashed (pp. 53-68).
  2. Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284.
  3. Ela Nur Laili, Tatik Muflihah. (2020). the effectiveness of google classroom in teaching writing of recount text for senior high schools, 348-350. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.2929
  4. Halimatus Sa`diyah, (2019) Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab MahaMahasiswa Melalui Grup Whatsapp, Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2, no. 2 (2019): 149
  5. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.119
  6. Azkia Muharom Albantani, (2019). Social Media as Alternative Media for Arabic Teaching in Digital Era, ALSINATUNA 4, no. 2. 148.
  7. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v4i2.2043
  8. Ngampornchai, A., & Adams, A. (2019). Investigating the Use of Google Classroom as a Learning Management System in a Thai EFL University Context. 3L: Language, Linguistics, 25(3), 30-45.
  9. https://doi: 10.17576/3L-2019-2503-03
  10. Lexy J. Moleong, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
  11. h. 11
  12. Salam, A., Alhashmi, D., & Alshammari, A. (2021). The Effectiveness of Using Google Classroom in Teaching Arabic Language to Non-Native Speakers. Journal of Information Technology Education: Research, 20, 547-563.
  13. Al-Wasiti, R. T. (2020). The Effectiveness of Using Google Classroom in Teaching Arabic Language for Non-Native Arabic Speakers. Journal of Education and Practice, 11(25), 111-119.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-30
Published: 2024-01-12
Section: Articles
Article Statistics: 62 21