An Nahwu Al Wazhifi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Perbandingan Teori ‘Athif Fadhl Muhammad dan Abdul ‘Alim Ibrahim)

Husnaini Jamil* -  IAIN Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v3i2.3737

Bahasa Arab telah menjadi salah satu materi yang harus dikuasai peserta didik di berbagai lembaga pendidikan, terutama lembaga pendidikan berbasis Islam. Para pakar telah merumuskan berbagai kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan situasi dan kondisi suatu lembaga pendidikan. Namun, mayoritas kurikulum tersebut masih berorientasi pada penguasaan teori gramatika bahasa Arab, sehingga fungsi utama bahasa Arab sebagai alat komunikasi menjadi terabaikan. Pada tahun 1969 Abdul ‘Alim Ibrahim mencoba menghadirkan sebuah materi gramatika yang berlandaskan pada penguasaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi. Pada tahun 2010, ‘Athif Fadl Muhammad juga mencoba menghadirkan materi ajar gramatika yang bertujuan untuk menyelaraskan antara penguasaan teori gramatika bahasa Arab dengan penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi. Walaupun kedua karya ini memiliki tujuan yang sama, tetapi terdapat beberapa perbedaan mendasar dalam penyajian dan isi materi yang ditulis oleh kedua tokoh tersebut. Penelitian ini menggunakan 2 jenis penelitian yaitu studi komparatif antara teori yang diusung oleh kedua tokoh tersebut dan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen untuk mengetahui hasil penerapan materi ini dalam proses pembelajaran bahasa Arab

Keywords
An Nahw Al Wadzhifi, Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab
  1. Agung, Nur. “Peningkatan Kemampuan Debat Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Metode Suggestopedia.” Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020): 19–29. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi%0APENINGKATAN.
  2. Bahruddin, Uril. Rekonstruksi Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. Edited by Aan Muhammady. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2017.
  3. Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. 5th ed. Malang: Misykat, 2012.
  4. Jamil, Husnaini. “EKSISTENSI METODE QAWAID TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA REVOLUSI 4.0.” Naskhi 2, no. 1 (2020): 30–39. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi/article/view/289.
  5. ———. “Tathwir Kitab Matan Al Jurumiyah Bi Almadkhal Al Qur’any Wa Al Ittishaly Bi at Tathbiq ‘Ala Ma’Had Miftahul Al ‘Ulumy Asy Syar’Iyyah Sumathra Al Gharbiyyah.” Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bashasa Arab 1, no. 1 (2019): 21–32. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi/article/view/68.
  6. Munajat, Fuad. “Pembelajaran Nahwu Dalam Perspektif Fungsional.” Arabia 7, no. 1 (2015): 22–45. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/1380.
  7. Rohman, Fathur. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani, 2015.
  8. أحمد, محمد عبد القادر. طرق تعليم اللغة العربية. القاهرة: دار المعارف،, 1997.
  9. ابراهيم, عبد العليم. النحو الوظيفي. الطبعة الث. القاهرة: دار المعارف،, 1969.
  10. الأنباري, أبي البركات كمال الدين عبد الرحمن بن محمد إبن. نزهة الألباء في طبقات الأدباء. الطبعة الث. الردن: مكتبة المنار, 1985.
  11. الغلاييني, مصطفى. جامع الدروس العربية. الطبعة الث. القاهرة: دار السلام للطباعة والنشر والتوزيع والترجمة, 2014.
  12. محمد, عاطف فضل. النحو الوظيفي. الطبعة الث. عمان: دار المسيرة للنشر والتوزيع, 2013.
  13. مدكور, علي أحمد. تدريس فنون اللغة العربية. الكويت: مكتبة الفلاح, 1984.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-28
Published: 2022-12-30
Section: Articles
Article Statistics: 383 280