Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Non Pondok Pesantren
DOI : 10.30863/awrq.v5i1.3718
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang mengetahui apa saja yang menjadi faktor yang meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa, terutama yang bukan dari pondok pesantren dan upaya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab. Subjek pada penelitian kali ini, yaitu para informan yang terdiri dari 10 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang bukan berasal dari pondok pesantren. Dan pengumpulan data dilakukan dengan tahapan wawancara. Penelitian ini akan dilakukan kepada mahasiswa bahasa Arab non pondok pesantren dengan menggunakan penelitian pendekatan kualitatif. Yang mana hasilnya dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu termotivasi dan tidak termotivasi serta menentukan motivasi Intristik atau motivasi ekstrinsik. Motivasi belajar dikatakan ekstrinsik apabila mahasiswa meletakan tujuan belajarnya di luar faktor-faktor belajar, adapun faktor eksternal itu adalah: a) mahasiswa termotivasi karena faktor dorongan dari dari orangtua atau keluarga, b) mahasiswa termotivasi karena faktor dorongan dari teman atau kerabat yang memiliki kemampuan bahasa Arab yang lebih dari mereka, sedangkan mereka berasal dari sekolah yang sama. Dan upaya yang dilakukan mahasiswa ketika menghadapi kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu: 1) Bertanya kepada guru atau teman yang lebih memahami bahasa Arab, 2) membuka kamus untuk menemukan jawab. Adapun reaksi mahasiswa yang tidak termotivasi ketika menghadapi kesulitan yaitu: 1) berbicara ketika guru sedang menjelaskan, 2) tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru, 3) tidak hadir saat perkuliahan.
Keywords
Motivasi, Belajar, Bahasa Arab
- Adawiyah, Siti Robiah. “Pendidikan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Sirojul Huda.” Comm-Edu (Community Education Journal) 1, no. 2 (2018): 81–87.
- Emda, A. “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.” Lantanida journal, 2018. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838.
- Masni, H. “Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, 2017. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/64.
- Mualif, A. “Orisinalitas Dan Elastisitas Kosakata Dalam Bahasa Arab.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9, no. 1 (2020): 40–51.
- Nidawati, Nidawat. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2013).
- Novansyah, Fauzan, Atep Iman, Difqi Faza Umary, Duta Vioni, dan Ibnu Khoirul Anaam. “Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa saat pembelajaran daring,” Vol. 1, 2022.
- Saptono, Yohanes Joko. “Motivasi dan keberhasilan belajar siswa.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 181–204.
- Wibowo, Krisno Prastyo, dan Marzuki Marzuki. “Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 2, no. 2 (2015): 158–69.
Copyright (c) 2024 Fadillah Sari, Khoirotun Naimah, Muhammad Ilham Fahmi, Kisno umbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Article Info
Submitted: 2022-12-27
Published: 2024-06-29
Section: Articles