Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Perguruan Tinggi: Analisis Komparatif Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab

Nur Agung* -  IAIM Sinjai, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v3i2.2945

Kurikulum dan pembelajaran adalah dua aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pelaksanaan pendidikan. Kurikulum tanpa proses pembelajaran yang relevan hanya akan menjadi teori semata, sedangkan proses pembelajaran tanpa panduan kurikulum akan menjadi sebuah proses yang tak terarah dan terukur. Pengembangan kurikulum dalam setiap sektor pendidikan adalah suatu keniscayaan agar para penikmat pendidikan mampu mengikuti arus perubahan zaman, begitupun dengan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Perguruan tinggi sebagai ujung tombang pengembangan bahasa asing ini menjadi lembaga pertama yang harus menyusun dan mengmbangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, pengembangan, penyusunan, dan analisis terhadap kurikulum dan relevansinya dengan kebutuhan dunia tidak dapat berhenti untuk dilaksanakan.

Keywords
Kurikulum, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab, Perguruan Tinggi
  1. Akademik, Direktorat, Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Jakarta, 2008)
  2. Arifin, Zainal, Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)
  3. Ekawati, Mundzier Suparta, and Khaerani Sirin, ‘Moderasi Kurikulum Perguruan Tinggi Islam Dalam Deradikalisasi Agama Di Indonesia’, Istiqro’, 16.1 (2018), 139–78
  4. Hamalik, Oemar, Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran (Bandung: Trigerdi Karya, 1993)
  5. Hanafi, M., ‘Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam’, Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1.2 (2014)
  6. Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)
  7. Hidayat Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
  8. Illah Sailah, Dkk, Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi
  9. Jamil, Husnaini. Agung, NUR, ‘Blended Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Problematika Dan Solusinya’, AL Waraqah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2021), 32–40
  10. Jamil, Husnaini, and Nur Agung, ‘Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif’, Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3.1 (2022), 38–51
  11. Lubis, Adlan Fauzi, ‘MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA ( KKNI ) DI PERGURUAN TINGGI ISLAM’, 04.02 (2020), 146–58
  12. M. Abdul Hamid, Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media (Malang: UIN-Malang Press)
  13. Noor, Fatwiah, ‘Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi’, Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 2.1 (2018), 1
  14. Sukmadinata, and Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum; Teori Dan Praktek (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)
  15. Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa; Dari Teori Hingga Aplikasi (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
  16. Syihabuddin, Reviu Kurikulum Bahasa Arab Perguruan Tinggi
  17. Zaini, Muhammad, Pengembangan Kurikulum; Konsep Implementasi Evaluasi Dan Inovasi (Yogyakarta: Teras, 2009)

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-07-13
Published: 2022-12-30
Section: Articles
Article Statistics: 483 428