Identifikasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Alumni Sekolah Umum Pada Program PIBA UINAM

Mansyur Mansyur* -  Institut Parahikma Indonesia, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v2i1.2522

Pokok masalah pada penelitian ini adalah Identifikasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Alumni Sekolah Umum Pada Program Pengembangan Intensifikasi Bahasa Asing Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu Dosen bahasa Arab dan mahasiswa sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan data ini adalah metode pengamatan/observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisis data adalah menggunakan bentuk reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan maupun verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa mereka mengalami kesulitan belajar bahasa Arab karena hasilnya yang sangat rendah. Setelah peneliti mengumpulkan nilai mereka pada mata kuliah bahasa Arab kemudian di rata-ratakan maka mereka pada umumnya mendapatkan nilai di bawah standar. Adapun faktor-faktor  yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Arab alumni sekolah umum ialah: a. Faktor Internal (minat yang kurang, motivasi rendah, kemampuan dasar bahasa Arab yang lemah), b. Faktor Eksternal (kurangnya lingkungan bahasa Arab, keluarga, lingkungan social, pengajar/ dosen). Implikasi dari penelitian ini yaitu agar kesulitan belajar bahasa Arab mahasiswa alumni sekolah umum di lokasi penelitian dapat terpecahkan, diperlukan perhatian khusus kepada mereka melalui kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh dosen, program PIBA dan pihak terkait lainnya dan diharapkan kepada segenap organisasi bahasa Arab baik yang ekstra maupun intra untuk memperbanyak kegiatan-kegiatan bahasa Arab yang kreatif dan berkesinambungan sebagai salah satu upaya untuk menghidupkan lingkungan bahasa Arab.

  1. Arsyad, Azhar. “Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya,”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
  2. Fachrurrozi, Aziz dan Erta Mahyuddin. “Teknik Pembelajaran Bahasa Arab”. Tangerang: 2011.
  3. Hamid, Abdul dkk, “Pembelajaran Bahasa Arab”. Malang: UIN Malang Press, 2008.
  4. Herman Wasito. “Pengantar Metodologi Penelitian, Buku Panduan Maha Peserta Didik”. Cet. I; Jakarta: Gramedia Utama, 1977.
  5. Juwairiyah Dahlan, Juwairiyah. “Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab”. Cet. I; Surabaya: Usaha Nasional, 1992.
  6. Malinary, A. Akrom dkk, “Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama/IAIN”. Jakarta: Depag R.I, 1976.
  7. Muhammad, Abubakar, “Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab”. Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
  8. Muhammadun Garuddin “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Lulusan SMP di Madrasah Aliah Negeri (MAN) Lappariaja Kabupaten Bone”. Tesis, PPs. UIN Alauddin Makassar, 2011.
  9. Nuha, Uli. “Metodologi Super Aktif Pembelajaran Bahasa Arab”. Jogjakarta: Diva Press, 2012), h. 21.
  10. Pranowo, “Analisis Penagajaran Bahasa”. Cet. 1; Yogayakarta : Gajah Mada University Press, 1996.
  11. Rasyidin, Abdul Wahab & Umi Machmudah. “Active learning dalam pembelajaran bahasa Arab”. Cet.I; Malang : UIN Malang Press, t. th.
  12. Suja’I. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab”. Semarang: Walisongo Press, 2008.
  13. Sukardi. “Metodologi Penelitian Pendidikan ; Kompotensi dan Prakteknya “. Cet III; Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2005.
  14. Surakhmad, Winarno. “Dasar dan Tehnik Research: Pengantar Metodologi Ilmiah (Ed. VI; Cet. II; Bandung : Tarsito, 1978), h. 84.
  15. Syah, Muhibbin. “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru”. Cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2001.
  16. Zaenuddin, Radliyah et. al., “Metodologi dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab”. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-03-22
Published: 2022-03-30
Section: Articles
Article Statistics: 1450 769