Blended Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0: Problematika dan Solusinya

Husnaini Jamil* -  IAIN Bone, Indonesia
Nur Agung -  IAI Muhammadiyah Sinjai, Indonesia

DOI : 10.30863/awrq.v2i1.2521

The process of learning Arabic in Indonesia at this time has experienced a shift in orientation from understanding the structure of the language to mastering Arabic as daily communication. This new orientation requires a new learning model that is comprehensive and covers all aspects of education. The Blended Learning model is here to help achieve this orientation by combining face-to-face learning, distance learning (online), and independent learning (offline) in one opportunity by making technology the main tool that supports its successful implementation. It is hoped that with this learning model, the competence of students can increase and the problems of learning Arabic that have been developing so far can increase the marginalized so as to make Arabic one of the foreign languages that are in demand by the Indonesian people.

  1. Abdullah, Walib, ‘MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN’, Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7.1 (2018), 855–66
  2. Alfaini, Sania, and Siti Nurilngin, ‘Problematika Dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group’, Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2.2 (2021), 133–47
  3. Amin, Ahmad Kholiqul, ‘Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar’, Jurnal Pendidikan Edutama, 4.2 (2017), 51–64
  4. Darma, I Ketut, I Gede Made Karma, and I Made Anom Santiana, ‘Blended Learning , Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Bagi Pendidikan Tinggi’, Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3 (2020), 527–39
  5. Fahmi, Nurul, and Abdul Muta’ali, ‘PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING SISWA SMPIT INSANTAMA BOGOR1’, Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8.7 (2021), 2028–39
  6. Faulinda Ely Nastt, Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu, ‘Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0’, Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5.1 (2020), 61–66
  7. Hakim, Muhammad Luqman, and Universitas Sebelas Maret, ‘PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB Arabi : Journal of Arabic Studies’, Arabi : Journal of Arabic Studies, 2.2 (2017), 156–62
  8. Hamidah, Hamidah, and Marsiah Marsiah, ‘Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi’, Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8.2 (2020), 147–60
  9. Idris, Husni, ‘PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING’, Jurnal Iqra’, 5.1 (2011), 61–73
  10. Istiningsih, Siti, and Hasbullah, ‘BLENDED LEARNING , TREND STRATEGI PEMBELAJARAN MASA DEPAN’, Jurnal Elemen, 1.1 (2015), 49–56
  11. Iswanto, Rahmat, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi’, Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1.2 (2017), 139–52
  12. Jamil, Husnaini, ‘EKSISTENSI METODE QAWAID TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA REVOLUSI 4.0’, Naskhi, 2.1 (2020), 30–39
  13. Khoiroh, Ni’matul, Munoto, and Lilik Anifah, ‘PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10.2 (2017), 97–110
  14. PPDIKTI, Statistik Program Studi Bahasa Arab Di Indonesia, 2021
  15. Putra, Pristian Hadi, ‘Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0’, Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19.02 (2019), 99–110
  16. Qomaruddin, Ahmad, ‘Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufadat’, Journal of Chemical Information and Modeling, 01.01 (2013), 1689–99
  17. Rahel Narda Chaterina, ‘Merdeka Belajar Di Rancang Untuk Prioritas Pelajar’, Kompas (Jakarta, 24 June 2021)
  18. Sjukur, Sulihin B, ‘PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2.3 (2012), 368–78
  19. Syarif, Maria Ulfah, ‘PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING BERBASIS STRATEGI KARRONA DI MASA PANDEMI COVID-19’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14.2 (2020), 116–32
  20. Umro, Jakaria, ‘TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0’, Jurnal Al-Makrifat, 5.1 (2020), 79–95
  21. Utoma, Supri Wahyudi, and Liana Vivin Wihartanti, ‘PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0’, Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 07.01 (2019), 30–44
  22. Vania Sasikirana, Yusuf Tri Herlambang, ‘URGENSI MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN SOCIETY 5.0’, E-Tech, 08 (2020)
  23. Wahidah, Robbiatul, ‘PENILAIAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING VIA WHATSAPP DI MADRASAH TSANAWIYAH’, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, 2020, 506–19
  24. Widiara, I Ketut, ‘BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL’, Purwadita, 2.2 (2018), 50–56

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-03-22
Published: 2022-03-30
Section: Articles
Article Statistics: 1017 1267