ANALISIS PERAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
DOI : 10.30863/aqym.v7i2.7581
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter toleransi antarumat beragama di Indonesia, yang kaya akan keragaman agama. Tujuan utama PAI adalah untuk mengajarkan nilai-nilai agama, tidak hanya dari segi pemahaman teologis, tetapi juga dalam membentuk sikap inklusif dan toleran terhadap keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kontribusi PAI dalam pengembangan karakter toleransi melalui pembelajaran berbasis nilai. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis penerapan materi PAI di sekolah-sekolah Indonesia dalam membangun rasa saling menghormati dan menghargai antarumat beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PAI dengan pendekatan yang integratif dan dialogis efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya toleransi dan hidup berdampingan dengan damai. Pembelajaran yang melibatkan pengalaman dan refleksi juga memungkinkan siswa untuk lebih memahami keberagaman dan mengaplikasikan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, PAI memiliki peran strategis dalam mendukung upaya menciptakan masyarakat Indonesia yang toleransi.
Supplement Files
- Abd. Rachman shaleh, Pemikir Pendidikan Islam: Biografi Sosial Intelektual, (Cet. I; Jakarta: PT. Pena Citasatria, 2007), h. 55
- Imamah, Y. H. (n.d.). KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
- Jailani, A., Rochman, C., Nurmila, N., Islam, U., Sunan, N., & Djati Bandung, G. (n.d.). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA SISWA.
- Tohiri, Psikologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada Utama, 2005), h. 164.
- Haryanto, Sri. MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER, 2023.
- Irsyada, Mita Nia, and Ashif Az Zafi. “Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (December 29, 2020): 142–51. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2950.
- Jannah, Atiratul. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (September 5, 2023): 2758–71. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090.
- Rahmawati, 2021. “Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita”. Jurnal Civics and Moral Studies Vol. 5 No. 1 (2020). https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p59-72
- Anggraeni, M., Alya Febriyani, S., Wahyuningsih, Y., & Rustini, T. (2022). PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI SISWA SEKOLAH DASAR PADA KEBERAGAMAN DI INDONESIA. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.15694
- Baya Tamin, K., Ubadah, U., & Mashuri, S. (n.d.). Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, Volume 1 Tantangan Pendidikan dalam Era Abad 21.
- Jalwis, J. (2023). Karakter Religius Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Disiplin di Sekolah Menengah Pertama. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 529–540. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.469
- Kahfi, A., Binamadani, S., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (n.d.). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE AND IMPLICATIONS FOR STUDENT CHARACTER AT SCHOOL.
- Karakter, P., Melalui, T., Sekolah, B., Nur, Z., & Pangestika, R. R. (2022). Buletin Ilmiah Pendidikan. 1(2), 60–67.
- Oktafiolita, A., & Wijiastuti, A. (2024). LITERATURE REVIEW: REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA TERKAIT FILOSOFI PENDIDIKAN DALAM SISTEM BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 333–354.
- Pendidikan Raudhatul Athfal, J., Aditya, F., Widiatmaka, P., Adi Purwoko, A., Agama Islam Negeri Pontianak Jln Letnan Jendral Soeprapto Nomor, I., & Barat, K. (n.d.). Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif.
- Yosiphanungkas, Y., & Mandayu, B. (n.d.). PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI HABITUASI SEKOLAH. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78692
Copyright (c) 2024 Vannya Sabrina Hamidi
![Creative Commons License](//licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Full Text:
Supp. File(s):
Untitled
Subject | |
Type | Research Instrument |
Download (22KB) Indexing metadata |
Article Info
Submitted: 2024-11-20
Published: 2024-12-12
Section: Articles