ISLAM SEBAGAI OBJEK STUDI DAN PENDEKATAN KEILMUAN

Hendio Anjasmara* -  , Indonesia
Tamrin Kamal -  , Indonesia
Rosniati Hakim -  , Indonesia
Halim Hanafi -  , Indonesia
Julhadi Julhadi -  , Indonesia

DOI : 10.30863/aqym.v7i2.6977

Penelitian ini mengkaji Islam sebagai objek studi dan berbagai pendekatan keilmuan yang digunakan dalam menganalisisnya. Studi Islam mencakup berbagai objek kajian seperti al-Qur’an dan hadits, fiqh, sejarah peradaban Islam, tasawuf, serta aspek-aspek sosial-budaya masyarakat muslim. Dalam konteks global yang semakin kompleks, studi Islam telah berkembang dari pendekatan yang sebagian besar teologis menjadi bidang kajian yang lebih luas dan multidisipliner. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis berbagai objek studi dalam kajian Islam, serta pendekatan-pendekatan keilmuan yang digunakan dalam mengkaji objek-objek studi tersebut. Metodologi yang digunakan adalah analisis literatur atau studi pustaka yang berkaitan dengan objek studi dan pendekatan keilmuan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek studi Islam telah berkembang meliputi tidak hanya aspek normatif-tekstual tetapi juga historis-kontekstual. Pendekatan keilmuan dalam studi Islam juga telah mengalami perkembangan meliputi pendekatan fenomenologis, antropologis, sosiologis, dan interdisipliner. Integrasi berbagai pendekatan ini membuka peluang untuk pemahaman yang lebih holistik tentang Islam dan objek-objek studinya.
  1. Abdullah, M. Amin. “Islamic Studies in Higher Education in Indonesia: Challenges, Impact and Prospects for the World Community.” Al-Jami’ah 55, no. 2 (2017): 391–426. https://doi.org/10.14421/ajis.2017.552.391-426.
  2. Aziz, Asep Abdul, Nurti Budiyanti Budiyanti, Nurwadjah Ahmad, Andewi Suhartini, and Ari Prayoga Prayoga. “Pendidikan Islam Sebagai Upaya Ma’Rifatullah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10, no. 2 (2020): 174–86. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.997.
  3. Bajunid, Omar Farouk. Islamic Education in Mainland Southeast Asia:The Dilemmas of Muslim Minorities. Islamic Studies and Islamic Education in Contemporary Southeast Asia, 2011.
  4. Bakri, Syamsul. “Pendekatan-Pendekatan Dalam Islamic Studies.” DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies 12, no. 1 (2014): 7–16.
  5. Dudung Abdurahman. “Metodologi Penelitian Sejarah Islam.” Penerbit Ombak, 2011, 220.
  6. Fauzi, M. Ihsan. “Al-Qur’an Sebagai Objek Kajian Studi Agama Islam.” Journal of Islamic Studies and Humanities 8, no. 2 (2023): 223–39. https://doi.org/10.21580/jish.v8i2.12580.
  7. Hakim, M. Sabron Sukmanul. “Distorsi Humanisme Dalam Konsep Islam Rahmatan Lil’Aalamiin Di Indonesia.” Jurnal Al-Afkar 3, no. 1 (2020): 1–19.
  8. Haryanto, Sri. “Pendekatan Historis Dalam Studi Islam.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 17, no. 1 (2017): 127–35. https://doi.org/10.32699/mq.v17i1.927.
  9. Ida Zahara Adibah, UNDARIS Semarang. “Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Islam.” Jurnal Inspirasi 1, no. 2 (2017): 6–8.
  10. Mahmudin, Afif Syaiful. “Pendekatan Fenomenologis Dalam Kajian Islam.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 5, no. 01 (2021): 83. https://doi.org/10.24127/att.v5i01.1597.
  11. Purkon, Arip. “A Hermeneutic Approach in the Study of Islamic Law.” Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 13, no. 2 (2013): 183–92. https://doi.org/10.15408/ajis.v13i2.930.
  12. Rohmatika, Ratu Vina. “Pendekatan Interdisipliner Dan Multidisipliner Dalam Studi Islam.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 14, no. 1 (2019): 115–32. https://doi.org/10.24042/ajsla.v14i1.4681.
  13. Saerozi, S. “Wilayah Studi Dan Kajian Keislaman: Studi Dan Penelitian Tentang Islam.” At-Taqaddum: Jurnal Peningkatan Mutu …, 2016.
  14. Suparno. “Islam Sebagai Objek Studi Dan Penelitian.” Jurnal Humaniora 10, no. April (2010): 39–43.
  15. Supiana. Metodologi Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
  16. Syarif Maula, Bani. “Rekonstruksi Studi Islam Di Masa Kontemporer Reconstruction of Islamic Study in Contemporary Times.” Agama Dan Kemanusiaan| 5, no. 1 (2019): 109–29.
  17. Taufik Ismail, Muhammad Umar, Ahyarudin, and Zulfi Mubaraq. “Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam.” Qolamuna : Jurnal Studi Islam 8, no. 2 (2023): 16–31. https://doi.org/10.55120/qolamuna.v8i2.729.
  18. Ulya dan Nushan Abid, Inayatul. “Pemikiran Thomas Kuhn Relevansinya Keilmuan Islam.” FIKRAH: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 3, no. 2 (2015): 1–28.
  19. Winarni, Endang Widi. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
  20. Yuslem, Nawir. “Studi Islam Dan Pendekatan Integratif.” Analitica Islamica 2, no. 1 (2013): 87–96.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-07-04
Published: 2024-12-07
Section: Articles
Article Statistics: 30 27