PENERAPAN MEDIA CARD SHORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS III MIS CENDIKIA INSANI ALWASHLIYAH SUKAMANDI
DOI : 10.30863/aqym.v7i1.6802
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan sebagai jawaban dari berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini, membahas penggunaan media Card Short dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Card Short dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat meningkat motivasi belajar siswa yang diketahui dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa juga mudah dalam menghafal mufradat serta mampu menjawab pertanyaan dari peneliti. Hal ini diketahui saat peneliti memberikan pertanyaan serta menyuruh 20 siswa kedepan untuk melafalkan hafalan mufradatnya, hasilnya 18 siswa mampu melakukannya dengan baik dan benar.
Supplement Files
- Ali, S. (2004). Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya Di Sekolah.
- Ernedisman. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 024 Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal Pajar, 1(1), 28. https://doi.org/https://dx.org/10.33578/pjr.v2i1.4921
- Gusty, S., Hidayat, A., & Sadesto, E. (2023). Merayakan Kemerdekaan. CV. Tohar Media.
- Hanifah, D., Supadmi, Mustafa, & Wibowo, S. (2023). Teori dan Prinsip Pengembanga Media Pemelajaran. Penerbit Pradina Pustaka.
- Hermawan, A. (2011). Metodolgi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung). Remaja Rosdakarya.
- Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.
- Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
- Mahyudi, A. (2023). Metode Mengajar Card Sort Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3337. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1406
- Mardiana. 2018. “Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTSN 2 Tulungagung”. Skripsi. (http://repo.- iaintulungagung.ac.id/8065/). Tulung Agung: IAIN
- Mufarrocah. (2023). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Adanu Abimata.
- Sardiman, 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok: Rajawali Pers.
- Sylvia, I. L. A., Purwati, Sriyami, Y., Rukiyem, & Ambarwati, N. (2021). Guru Hebat Di Era Milenial. Penerbit Adab.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Subject | |
Type | Other |
Download (112KB) Indexing metadata |