PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PERKEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SERTA DAMPAKNYA PADA KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI : 10.30863/aqym.v7i1.6757
This research aims to determine the influence of organizational culture on the development of teacher professionalism at Mts Yapdi. This research uses a qualitative approach through field observations and interviews. The research results show that organizational culture has a significant influence on the development of teacher professionalism at Mts Yapdi. A positive organizational culture can increase motivation, student learning achievement, job satisfaction and teacher professionalism. These results indicate that organizational culture is very important in improving teacher professionalism and teacher performance at Mts Yapdi.
Keywords: Influence, Cultural Organization, Teacher Professionalism
- Ahmad Ardi, Dkk. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Labura. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, Volume 4, Nomor 1.
- https://doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2171
- Ali, Mohammad. 2004, Guru Profesional dan Kualitas Pendidikan. Makalah disajikan dalam pertemuan pemilihan Guru berprestasi Tingkat Nasional, departemen pendidikan Nasional, Jakarta, 14 Agustus 2004.
- Barnawi., & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
- Chusnul Chotimah dan Muhammad Fathurohman. 2014. Komplemen Manajemen Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras)
- Darodjat, TA. 2015. Pentingnya budaya kerja tinggi dan kuat absolute. Rineka Aditama: Bandung.
- Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111–117. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883
- Fadhilah, Dkk. 2017. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN ACEH BESAR. Prosiding Seminar Nasional, Volume 1 Nomor 1.
- Falentina, K.G. et al. 2018. “Pengaruh Integritas, Kompetensi, dan Profesionalisme Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Akuntansi Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Manado”. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern,13(3), 41-51.
- https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883
- Iqmalia, N., Istiqomah, I., & Hartono, S. (2022). Kinerja guru di tinjau dari profesionalisme, motivasi kerja dan iklim organisasi. 24(2), 395–401.
- Irmawati, 2014. Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Yang Dihadapi Guru Matematika Di Sma Negeri 6 Cirebon Dalam Melaksanakan Kinerja Berdasarkan Standar Kompetensi Guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 5, Nomor 2.
- Kepala Sekolah SMP Daya Utama Kota Bekasi. (2022). Peranan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (UjangTholib) [Komunikasi pribadi].
- Machali dan Hidayat. 2018. of Education Manajement. Jakarta: Preanadamedia Group.
- Manthovani, Suryanto. 2006. Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Semarang. Tesis Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.
- Martinis Yamin dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru (Jakarta: Gaung Persada Press, 2010
- Mukhtar dkk.2003. Mengukir Prestasi: Panduan Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Misaka Gasila.
- Ndraha, T. (2003). Teori Budaya Organisasi. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Sagala, Syaiful. 2008. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan; Pemberdayaan Organisasi Pendidikan Kearah yang Lebih Frofesioanal, dan Dinamis di Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Saputra, D. S. (2011). Hubungan antara Kompetensi Profesionalisme dengan Kinerja Guru di SMA XXX Tangerang. (Online). Psikologi, 9(2).
- (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=94837&val=4564, Agustus 2016)
- Sutrisno, Edy. 2015. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group
- Syarafudin dan Hastuti Diah Ikawati. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cahaya Mandalika, Volume 1 Nnomor 2.
- Tsaqifah, Q A. et al. 2017. “Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Kerja Guru di SMA Negeri Kota Malang”. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan UM.
Copyright (c) 2024 aidatul aidatul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Article Info
Submitted: 2024-06-20
Published: 2024-06-26
Section: Articles