PERAN PENDIDIKAN ISLAM PADA SISWA SD/MI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DAN KEBERSAMAAN

Munawir Munawir* -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Almira Adinda Bariansyah -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
ananda cahya permana -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI : 10.30863/aqym.v7i1.6203

The topic of this research relates to the importance of instilling religious tolerance and customs in basic education. Indonesia is a country of diverse religions, ethnicities, and cultures but the attitude of tolerance in the community is very less applied. This is due to the limited knowledge of the community about the negative impact of the lack of tolerance. The purpose of this study is to understand the role of Islamic education in instilling an attitude of tolerance and togetherness in SD / MI students.  This research method uses literature study by analyzing data from various sources such as books, journals, and scientific articles. The results show that educators not only provide a formal education but must emphasize an attitude that is able to make students understand the importance of tolerance such as embedding Islamic values, learning about diversity and activities that foster tolerance. As a result, it can be understood that Islamic education can help students to understand and practice tolerance and togetherness in the surrounding life and it is hoped that educators can develop more effective educational strategies to instill an attitude of tolerance.

Keywords Islamic Education, Student, Tolerance


Isi dalam penelitian ini berhubungan dengan sebuah pentingnya menanamkan sikap toleransi beragama maupun adat istiadat di pendidikan dasar. Indonesia adalah negara yang beragam agama, suku, maupun budaya akan tetapi sikap toleransi di lingkungan masyarakat sangat kurang diterapkan. Hal ini di sebabkan karena terbatasnya pengetahuan masyarakat tentang dampak negatif dari kurangnya sikap toleransi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk memahami peran Pendidikan islam dalam menanamkan sikap toleransi dan kebersamaan pada siswa SD/MI. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan menganalisis data-data dari berbagai macam sumber seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Hasil menunjukkan bahwa tenaga pendidik bukan saja memberikan sebuah pendidikan formal melainkan harus menekankan sebuah sikap yang mampu membuat peserta didik paham akan pentingnya sikap toleransi seperti penanam nilai-nilai islam, pembelajaran tentang keragaman dan kegiatan yang menumbuhakan sikap toleransi. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat membantu siswa untuk memahami dan mengamalkan sikap toleransi dan kebersamaan di dalam kehidupan sekitar dan diharapkan kepada tenaga Pendidik dapat mengembangkan strategi Pendidikan yang lebih efektif untuk menanamkan sikap toleransi.

Kata kunci—Pendidikan Islam, Siswa, Toleransi

 

  1. Ginting, Rosalina, and Kiki Aryaningrum. “Toleransi Dalam Masyarakat Plural.” MAJALAH LONTAR 23, no. 4 (2009). https://doi.org/10.26877/ltr.v23i4.665.
  2. Haryanto, Sri. MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER, 2023.
  3. Irsyada, Mita Nia, and Ashif Az Zafi. “Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (December 29, 2020): 142–51. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2950.
  4. Jannah, Atiratul. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (September 5, 2023): 2758–71. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090.
  5. Kaaffah, Shilmi, Hisny Fajrussalam, Aisyah Rahmania, Juliati Ningsih, Maria Khofifah Rhamadan, and Pina Mulyanti. “MENUMBUHKAN SIKAP
  6. TOLERANSI ANTAR AGAMA DI LINGKUNGAN MULTIKULTURAL KEPADA ANAK SESUAI AJARAN AGAMA ISLAM.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 4 (November 5, 2022): 289–314. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7395.
  7. Karolina, Anita Ida. “PERAN SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA,” n.d.
  8. Latifah, Alifa Nur, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Di Indonesia: Negeri Multikultural.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (March 1, 2022): 969–73. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2348.
  9. MA, Prof DR H. Abuddin Nata. Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media, 2016.
  10. M.Si, Dr Rukin, S. Pd. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, n.d.
  11. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Toleransi Beragama | Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam,” March 7, 2024. https://ejournal.stais-garut.ac.id/index.php/kaipi/article/view/34.
  12. Purwaningsih, Endang. “Mengembangkan Sikap Toleransi Dan Kebersamaan Di Kalangan Siswa.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (October 19, 2016). https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156.
  13. Suci, Eva. “Peran Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Sikap Positif Terhadap Perbedaan Agama Dan Budaya.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3, no. 3 (July 31, 2023): 84–93.
  14. Suciartini, Ni Nyoman Ayu. “URGENSI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM
  15. WAJAH PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN.” Jurnal Penjaminan Mutu 3, no. 1 (February 28, 2017): 12–22. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88.
  16. Suryadi, Rudi Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish, 2018.
  17. Wahyudin, Wahyudin. “MENUMBUHKAN SIKAP MODERAT SISWA DALAM BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI.” Fikrah : Journal of Islamic Education 7, no. 1 (June 18, 2023): 103–20. https://doi.org/10.32507/fikrah.v7i1.2200.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-04-07
Published: 2024-06-02
Section: Articles
Article Statistics: 141 190