Efektivitas Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XII SMA 4 Bone

Jamildayanti Jamildayanti* -  Kementerian Agama Kabupaten Bone, Indonesia

DOI : 10.30863/aqym.v2i1.596

This study discusses the relevance of remedial learning with students' achievements in Islamic religious education at SMA 4 Bone, the research is included in the type of field research using quantitative analysis. The results showed that: Remedial study in class XII SMA 4 Bone is in the high category with the value 79, is in the interval of 78-81. Learning outcomes of Islamic education students of class XII SMA 4 Bone is in the high category with a value of 88, located at intervals of 87-89. Results of analysis on the inferential statistics i.e. test T, derived Thitung hypothesis test result (t0) = 7.98 > of this = 2.09. So, H0 on reject and H1 accepted. It can thus be concluded that, using a simple regression formula, there is an influence of remedial learning on the learning outcomes of Islamic religious education in class XII SMA 4 Bone.

Penelitian ini membahas relevansi pembelajaran remedial dengan prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam di SMA 4 Bone, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penelitian remedial di kelas XII SMA 4 Bone berada dalam kategori tinggi dengan nilai 79, berada pada interval 78-81. Hasil belajar siswa pendidikan Islam kelas XII SMA 4 Bone berada dalam kategori tinggi dengan nilai 88, terletak pada interval 87-89. Hasil analisis pada statistik inferensial yaitu uji T, diperoleh hasil uji hipotesis Thitung (t0) = 7,98> dari ini = 2,09. Jadi, H0 pada tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, menggunakan rumus regresi sederhana, terdapat pengaruh pembelajaran remedial terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di kelas XII SMA 4 Bone.

  1. Ahmadi, Abu. dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta, 1990
  2. Ahmadi, Abu. Psikolog Belajar Cet.I; Jakarta: Rineka Cipta, 2001
  3. Annurahman, Belajar dan Pembelajaran Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2012
  4. Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
  5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi II Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
  6. Echols, John. dan Hassan Shadily, An English- Indonesia Dictionary Kamus Inggris Indonesia) (Jakarta: PT Gramedia Jakarta, 1976.
  7. Hariyanto, Suryono. Belajar dan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
  8. Hastuti, Sri. Pengajaran Remedial Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya, 2000
  9. Nashar H, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran Jakarta: Delia Press, 2003.
  10. Nova, Irham. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
  11. Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam Yogyakarta: LKIS, 2011
  12. Shihab, M.Quraish. Tafsir al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an Cet. I; Ciputat: Lentera Hati, 2010
  13. Slameto, Belajar dan Factor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
  14. Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1999
  15. Sukardi, Evaluasi Pendidikan, Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
  16. Sugiyono, Anas. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, 2009
  17. Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  18. Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam Bandung: Pustaka Setia, 1999. Usman, Muh.Uzer. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Cet. II; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003
  19. Wijaya, Cece. Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-14
Published: 2019-06-15
Section: Articles
Article Statistics: 232 2016