KRISIS AKHLAK DAN SOSIAL PADA MANUSIA MODERN SAAT MASA REMAJA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Aldrisna Nuringtyas Yatayukti* -  UHAMKA, Indonesia
Syahira Azzahra Putri -  UHAMKA, Indonesia
Nasywa Mufidah -  UHAMKA, Indonesia

DOI : 10.30863/aqym.v7i1.5867

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui krisis akhlak dan solusi pada manusiamodern saat masa remaja. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metodestudi literature dan metode kuantatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket.Pada penelitian kali ini, penulis membuat kuesioner mengenai krisis akhlak dan sosial padamanusia modern, kemudian penulis melakukan penelitian pada siswa SMP yang memilikirentang usia 12-16 tahun. Penulis menyebarkan nya kepada 50 orang siswa, namun hanya 30orang saja yang dijadikan sample dan dipilih dengan random sampling. Dalam penelitian inidi rasa penting karena agama dapat membantu membentuk akhlak yang baik pada manusiamodern melalui beberapa cara, seperti pendidikan akhlak Islami, penguatan keluarga, dankesadaran sosial. Pendidikan akhlak Islami harus menjadi bagian integral dari sistempendidikan di semua tingkatan, mulai dari pendidikan formal di sekolah hingga pendidikaninformal di lingkungan keluarga.
  1. Aminuddin. (2002). Pendidikan Agama Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.
  2. Basri, H. (1994). Remaja Berkualitas Problematika Remaja Dan Solusinya. Jogjakarta: Mitra Pustaka.
  3. Jamil, S. A. (2014). Agama Sebagai Sumber Moral Dan Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Setiarejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Skripsi IAIN Palopo.
  4. M.Firmansyah, Masrun, & Yudha, I. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif dan Kuantitatif. Elastis Jurnal Ekonomi Pembangunan.
  5. Rahmawati. (2012). Peran Akhlak Tasawu Dalam Masarakat Modern. Al Munzir.
  6. Umar, B. (2012). Hadist Tarbawi Pendidikan dalam Perspektif Hadist. Jakarta: Hamzah.
  7. Aziz, A. (2010). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Krisis Akhlak Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  8. Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Istighna.
  9. DR. Ida Umami, M. (2019). Psikologi Remaja. Yogyakarta: IDEA Press Yogyakarta.
  10. Ir. Melfianora, M. (2018). Penulisan Karya Tulis Dengan Studi Literatur. UPT Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian.
  11. Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar.
  12. Latifl, M. J., Shodiqqin, S., & Kurnia, M. B. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Degradasi Moral Sebagai Respon Perkembangan Era Disrupsi. Al-Bahtsu.
  13. Permata, M., Adenan, Harahap, I., Lubis, M., Nasir, M., & Yakub, M. (2023). Perkembangan Peradaban Islam Masa Modern. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.
  14. Mz, S. R. (2018). Akhlak Islam Perspektif Ulama Salaf. Jurnal Pendidikan Islam Edukasi Islam.
  15. Kelly, E. (2015). Gaya Hidup Hedonis Dan Impulsif Buying Pada Kalangan Remaja Putri. Jurnal Sketsa Bisnis.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-12-23
Published: 2024-06-02
Section: Articles
Article Statistics: 234 752