KAJIAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP

Wakifah Wakifah.* -  Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia, Indonesia

DOI : 10.30863/aqym.v5i2.3472

Abstract 

This article discusses the study of the Adiwiyata program in supporting environmental-based Islamic Religious Education. This research is a literature review (Library Research). In addition to having a literary character, this research is also qualitative because it produces descriptive data. The data analysis using content analysis.

In this study it was found that the Adiwiyata program had a positive role for students, with schools labeled Adiwiyata students would be taught about the environment and sustainable development both in the school environment and the community environment. Therefore the contribution made by the Adiwiyata school program in supporting environmental-based Islamic Religious Education is that this program seeks to link environmental education with the Islamic Religious Education curriculum in schools so as to be able to shape student character. In addition, it also provides encouragement to teachers of Islamic Religious Education by preparing curriculum, lesson plans, learning media, learning resources, learning locations and learning materials in implementing environmental-based Islamic Religious Education.

Keywords: Adiwiyata, Islamic Religious Education, Environment.

Abstrak

Artikel ini membahas tentang kajian program Adiwiyata dalam menunjang Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan hidup. Penelitian ini bersifat kajian kepustakaan (Library Research). Selain bercorak kepustakaan, penelitian ini juga bersifat kualitatif karena meghasilkan data deskriptif. Adapun analisis datanya dengan menggunakan analisis isi.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa program adiwiyata memiliki peran yang positif bagi siswa, dengan sekolah yang berlabel Adiwiyata siswa akan diajarkan mengenai lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan baik itu dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Maka dari itu, kontribusi yang diberikan oleh program sekolah Adiwiyata dalam menunjang Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan hidup yakni program ini berupaya mengaitkan pendidikan lingkungan dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah agar mampu membentuk karakter siswa. Selain itu juga memberikan dorongan kepada guru-guru Pendidikan Agama Islam dengan mempersiapkan kurikulum, RPP, media pembelajaran, sumber belajar, lokasi pembelajaran dan materi pembelajaran dalam melaksanakan Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan hidup.

Kata kunci: Adiwiyata, Pendidikan Agama Islam, Lingkungan Hidup.

  1. Adib, Hamdan. "Rekonstruksi Nilai Religius pada Program Adiwiyata", Vol. 2, No. 4, Des 2021.
  2. Adimaswara, Tofan. "Impementasi Program Adidiyata Dalam Lingkungan Sekolah di SMKN Ngadirojo", Jounal of Social Empowerment, Vol. 5, No. 1, 2020.
  3. Afrianda, Rizky. "Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan", Jurna Bioterdidik, Vol. 7, No. 1, 2019.
  4. Al-Dimasyqi, Ismail ibn Kasir al-Qurasyi. Tafsir Al-Qur`an al-Azim, juz 3. Beirut: Daar al-Ma`rifah, 1978).
  5. Al-Fiyana, Maulina. "Implementasi Program Adiwiyata dalam Menanamkan Sikap Penduli Lingkungan Siswa Kelas IV Minu Ungguan Walisongo
  6. Sumberrejo, Skripsi, Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri, 2022.
  7. Arif Sumantri, Kesehatan Lingkungan & Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2010.
  8. Daryanto dan Suryatri Darmiatun, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
  9. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi 2002. Cet XVI; Jakarta: CV Darus Sunnah, 2014).
  10. Hsieh, H.-F., & Shannon, S.E. Three Approaches to Qualitative Content Analysis. Qualitative Health Research, 2005 dalam Ahsan Muzadi dan Siti Mutholingah, "Intergrasi Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup (Green School) Melalui Pembelajran PAI di Sekolah".
  11. Husein, Harum M. Lingkungan Hidup (Masalah, Pengelolaan dan Penegakan Hukumnya. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
  12. Kompri, Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.
  13. Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. II; Bandung : Pustaka Setia, 2011.
  14. Syaputra, Alvin. "Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Program Adiwiyata di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu", Tesis, IAIN Bengkulu, 2021.
  15. Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja karya, 2012.
  16. Muzadi, Ahsan dan Siti Mutholingah. "Intergrasi Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup (Green School) Melalui Pembelajran PAI di Sekolah", Ta'limuna, Vol. 9, No. 05, 2019.
  17. Rohiat. Manajemen Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
  18. Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Cet. I; Yogyakarta : Andi Ofset, 2010.
  19. Shinta, Arundati. Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup Di Sekolah-Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Pada Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Best Publisher, 2019.
  20. Setyobudi, Fauzi dan Saliman, “Pendidikan Lingkungan Hidup Di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah” JIPSINDO, Vol. 5, Maret 2018.
  21. Tim Adiwiyata Tingkat Nasional, Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012.
  22. Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis Filosofis, dan Spiritualitas. Malang: UMM, 2008.
  23. Zulkifli, Arif. Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika, 2014.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-15
Published: 2022-12-18
Section: Articles
Article Statistics: 256 439