PENGARUH LABEL SYARIAH, PROMOSI & HARGA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PERUMAHAN SYARIAH THE MATA RECIDENCE DI KECAMATAN PATTALASANG KABUPATEN GOWA

Riskayanti K -  Institut Parahikma Indonesia, Indonesia
Hartas Hasbi* -  INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BONE, Indonesia

DOI : 10.30863/alkharaj.v2i2.3222

Abstract

This study aims to find out: (1) the influence of sharia label on the sales insharia housing, The Mata Residence, in Pattallassang, Gowa regency; (2) the influence of promotion on the sales in sharia housing; (3) the influence of price on the sales in sharia housing; and (4) the influence of sharia label, promotion and price on the sales in sharia housing. This study applied a quantitative research methodology. The data used were primary and obtained by using a questionnaire. The population of this study was the whole population in sharia housing, The Mata Residence, in Pattallassang, Gowaregency. The sample of this study was 50 respondents. The data were analyzed by using multiple linear regression. The research was conducted in August 2020. The result showed that partially (1) Sharia label had a significant effect on the sales of sharia housing, The Mata Residence, in Pattallassang, Gowa Regency, indicated by a significant value of 0,000 <0.05. Thus, H1 was accepted; (2) Promotion had no significant effect on the sales of sharia housing because the significant value was 0.654> 0.05. Thus, H2 was rejected; (3) Price had a significant effect on the sales of sharia housing, proven by the significant value of 0.01 <0.05. Thus, H3 was accepted; and (4) simultaneously sharia labels, promotions and prices had a significant effect on the sales of sharia housing, The Mata Residence, in Pattallassang, Gowa regency. Since the significant value was 0,000 <0.05, H4 was accepted. Based on the findings, the sharia labels, promotions, and prices contributed to the level of sales. To date, The Mata Residence housing has not given any fine to tenants or confiscated a property due to installment arrears, which lead to many housing seekers interested in buying it. Besides, the transactions do not involve banking. According to the study's findings, sharia labels, promotions, and prices influence the volume of sales; however, to date, there haven't been any fines or confiscations for The Mata Residence housing in case of arrears in installments, which encourage home buyers to buy as well as non-banking transactions. To solve this issue, home buyers should check first before purchasing Islamic property because it is feared that the momentum will actually be used by criminals.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh label syariah terhadap tingkat penjualan pada perumahan syariah The Mata Residence di Kec.Pattallassang Kab. Gow, (2) untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan pada perumahan syariah The Mata Residence di Kec.Pattallassang Kab. Gow, (3) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap tingkat penjualan perumahan syariah The Mata Residence di Kec.Pattallassang Kab. Gowa, (4) untuk mengetahui pengaruh label syariah, promosi dan harga terhadap tingkat penjualan perumahan syariah the mata residence di Kec.Pattallassang Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan yang terlibat dalam perumahan syariah The Mata Residence di Kec. Pattallassang Kab. Gowa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dan waktu penelitian dilakukan pada bulan agustus 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) Label Syariah, berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan perumahan syariah The Mata Residence di Kec. Pattallassang Kab. Gowa karena nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H1 diterima (2) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan perumahan syariah The Mata Residence di Kec. Pattallassang Kab. Gowa karena nilai signifikan 0,654 > 0,05 maka H2 ditolak, (3) Harga berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan perumahan syariah The Mata Residence di Kec. Pattallassang Kab. Gowa karena nilai signifikan 0,01 < 0,05 maka H3 diterima, dan secara simultan Label Syariah, Promosi dan Harga berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan perumahan syariah The Mata Residence di Kec. Pattallassang Kab. Gowa karena nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H4 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, label syariah, promosi, dan harga mempengaruhi volume penjualan; Namun, hingga saat ini, belum ada denda atau penyitaan untuk perumahan The Mata Residence jika terjadi tunggakan angsuran, yang mendorong pembeli rumah untuk membeli maupun transaksi non-perbankan. Untuk mengatasi masalah ini, pembeli rumah harus mengecek terlebih dahulu sebelum membeli properti syariah karena dikhawatirkan dimanfaatkan oleh pelaku hanya mendaapatkan keuntungan semata.

Keywords
Label Syariah; Promosi; Harga dan Tingkat Penjualan
  1. Agusman, R. (2018). Pengaruh label syariah terhadap minat menabung masyarakat pada bank syariah mandiri cabang medan Sunggal. Medan.
  2. Alvonco, J. (2014). Practical Comunication Skill "Sistem Komunikasi Model Umum dan Horenso Untuk Sukses dalam Bisnis Organisasi, dan Kehidupan". Jakarta: Elex Media Komputindo.
  3. Amrin, A. (2007). Strategi pemasaran asuransi syariah. Jakarta: Grasindo.
  4. Angipora. (2007). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  5. Anwar, D. A. (2017). 7 Jurus Sukses Pengusaha Properti Syariah. Jakarta : BIP Kelompok Gramedia.
  6. Aria, M. (1969). Analisis Pengaruh Kondisi Makro Ekonomi Terhadap Perubahan. Bandung: Pelajar Bandung.
  7. Arifin, I. (2007). Membuka cakrawala ekonomi. Bandung: Setia purna inves.
  8. Arikuanto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  9. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Deru, R.I., & Arfian. F. (2017). "Kredit Pemilikan Rumah Syariah Tanpa Bank: Studi di Jawa Barat". Manajemen Teori dan Terapan.
  11. Djaslim, S. (2003). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian. Bandung : Linda Karya.
  12. Duli, N. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
  13. Eka, K., & Rugi. G. (2016). "Analisis Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan". Valuta.
  14. Fasa, I. M. (2020). Eksistensi Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.
  15. Fauzan, M. N., & Musdalifa. (2019). Pengaruh Kualitas Pelanggan Jasa Transportasi Online (GO-JEK). Sebatik.
  16. ----- (2019). Pengaruh Kualitas Pelanggan Jasa Transportasi Online (GO-JEK). Sebatik.
  17. Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  18. ----- (2005). Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  19. Gitosudarmono. (2000). Majanajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
  20. Gozali, A. (2005). Serba-serbi kredit syariah: Jangan ada bunga di antara kita. Jakarta: Elax Media Kompusindo.
  21. Indra, S., & Rahmi. S. P. (2015). Pengaruh Pengaruh Promosi dan Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT.Pekan Perkasa Berlian Motor Pekan Baru. Valuta .
  22. Irawan, & faried, W. (1998). pemasaran: prinsip dan kasus. yogyakarta: kencana.
  23. Kasmir (2008). Manajemen Perbankan. Jakarta : Rajawali.
  24. Kertajaya, H. & Muhammad, S. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung : Mizan Pustaka.
  25. Kotler, P. (1993). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, Pengendalian. Jakarta : FE UI
  26. Mania, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Makassar: Alauddin University Press.
  27. Nurul, H. d. (2017). Pemasaran Syariah. Depok: Kencana.
  28. Emban Partia. Putri, M. Y. (2019). Pengaruh Label "Syariah" Terhadap Minat Nasabah pada BNI Syariah Banda Aceh. Banda Aceh
  29. Rangkuti, F. (2019). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Jakarta: Pustaka Utama.
  30. Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Reserch Statictics For the Behavioural Sciences,(2and ed). Ney Word : Holt Rinehart & Winston.
  31. Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.
  32. Solihah, D. A. (2019). Akad pembiayaan Murabahah di Bank Syariah dalam Bentuk Akta Otentik. Malang: Inteligensia Media.
  33. Sugiyono, (2013). Metode Penelitian: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta..
  34. suliyanto, (2005). Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
  35. Supeno, M. A. (2019). Pengembangan Perumahan Syariah dan Permasalahannya di Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 509.
  36. Tjiptono, D. (2008). Penjualan Streategik. Yokyakarta: CV. Andi Offset.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-11-05
Published: 2022-12-13
Section: Articles
Article Statistics: 274 221