RELEVANSI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG MEKANISME PASAR DENGAN HARGA YANG BERKEMBANG DI PASAR SENTRAL PALAKKA KABUPATEN BONE
DOI : 10.30863/aliqtishad.v16i1.6399
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian pemikiran Ibnu Khaldun terkait mekanisme pasar dengan penentuan harga yang diterapkan oleh pedagang Muslim di Pasar Sentral Palakka, Kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada pedagang Muslim di pasar tersebut. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik penentuan harga, spesialisasi kerja, dan kebijakan perdagangan yang diterapkan oleh pedagang memiliki relevansi signifikan dengan pemikiran ekonomi Ibnu Khaldun, terutama dalam hal pengakuan hubungan permintaan-penawaran dalam menentukan harga, manfaat spesialisasi kerja, dan pembatasan intervensi pemerintah dalam pasar. Namun, penerapan teori nilai tenaga kerja Ibnu Khaldun belum sepenuhnya terwujud, karena sebagian besar pedagang masih menjalankan usahanya secara mandiri tanpa melibatkan tenaga kerja lain.
This study aims to analyze the suitability of Ibn Khaldun's thoughts related to market mechanisms with price determination applied by Muslim traders in Palakka Central Market, Bone Regency. The research method used is a qualitative approach with an interpretive paradigm, where data is collected through observation, interviews, and documentation on Muslim traders in the market. The data that has been collected is then analyzed using data reduction techniques, data presentation, then drawing conclusions based on the results of data analysis that has been obtained. The results showed that the practice of pricing, work specialization, and trade policies applied by traders have significant relevance to Ibn Khaldun's economic thought, especially in terms of recognition of demand-supply relationships in determining prices, the benefits of work specialization, and restrictions on government intervention in the market. However, the application of Ibn Khaldun's theory of labor value has not been fully realized, because most traders still run their businesses independently without involving other workers.
- Ansori, dkk. (2024). Pemikiran Tokoh-Tokoh Ekonomi Islam Mengenai Konsep penetapan Harga Pasar. Economic Reviews Journal, Vol. 3, No. 1, h.148.
- Arifin, S. R. (2021). Pandangan Ibnu Taimiyah dan Ibnu Khaldun Tentang Mekanisme Pasar. Al-infaq, Vol. 12, No. 2, h.220.
- Aziz, A., Aly, A. D., & Afifah, N. (2017). Mekanisme Pasar Produk Usaha Kreatif Home Industri di Desa Bodelor Dalam Teori Ibn Khaldun. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 2, h. 210.
- Charlos Sibarani, J., Prabowo, A., & Purba, B. (2023). Peran Teori Klasik Dalam Pembentukan Pemikiran Ekonomi Modern. Dkk.) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol. 1, No. 11, h. 248.
- Dinas ketahanan pangan kabupaten bone. (2023). Analisis trend perkembangan dan variasi harga pangan pokok strategis bulan juni 2023. Ketapang.Bone.Go.Id. https://ketapang.bone.go.id/2023/07/03/analisis-trend-perkembangan-dan-variasi-harga-pangan-pokok-strategis-bulan-juni-2023/
- Ernawati, E. (2017). Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Produk Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Rumah Tangga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Siger Roemah Batik Kec. Kemiling-Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung, h. 22.
- Friedman, M. (2002). Capitalism and Freedom. California: The University of Chicago Press.
- Hidayatullah, I. (2017). Pemikiran ibnu khaldun tentang mekanisme pasar & penetapan harga. Profit, Vol. 1, No. 1, h. 220.
- Hilal, S. (2014). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam ( Telah Pemikiran Ibn Taimiyah ). ASAS, Vol. 6, No. 2, h. 19.
- Marshall, A. (2013). Principles of Economics. London: Hampshire Palgrave Macmillan.
- Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, Vol. 2, No. 1, h. 6.
- Nuryadin, M. B. (2007). Harga dalam perspektif islam. Mazahib, Vol. 14, No. 1, h. 86.
- Porter, M. E. (1996). What is Strategy? Harvard Business Review, Vol. 74, No. 6, h. 38.
- Sukirno, S. (1995). Pengantar teori makroekonomi edisi kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Wulpiah. (2016). Pemikiran ibnu khaldun tentang mekanisme pasar. Asy-syar‟iyyah, Vol. 1, No.1, h. 50.