Mewujudkan Madrasah Digital di MTsN 3 Ponorogo sebagai Keunggulan Bersaing di Era Society

Dian Pratiwi, Nio Nilasari Nur Valentin

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan berkembang sangat pesat. Hal ini berdampak pada tuntutan setiap lembaga pendidikan harus mampu mengembangkan segala potensi yang ada dalam pengelolaan teknologi. Selain itu seiring perkembangan era digital muncul pembaharuan era society dimana menekankam pada empat aspek yaitu 4C yang meliputi Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration. MTsN 3 Ponorogo merupakan salah satu madrasah digital yang menerapkan teknologi dalam pengelolaan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi lapangan dengan pendekatan deskripsi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan MTsN 3 Ponorogo dalam mewujudkan madrasah digital di era society. Penelitian ini menghasilkan bahwa strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan dan mengembangkan beberapa aplikasi sebagai penunjang pengelolaan pendidikan di era society serta sebagai salah satu cara MTsN 3 Ponorogo memiliki keunggulan bersaing dengan strategi diferensiasi.


Keywords


Madrasah Digital; Keunggulan Bersaing; Era Society; Strategi Diferensiasi

Full Text:

PDF

References


A. Aaker, David. Manajemen Ekuitas. Jakarta: Mitra Utama, 2001.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

E. Porter, Michael. Strategi Bersain. Jakarta: Erlangga, 2001.

Fatkhurahman, Hadiyati, dan Idel Waldelmi. “Strategy for Building a Positive Image Through the Publication of Scientific Works.” Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta 17, no. 2 (2022).

Hasri. “MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Hasri.” Al- Khwarizmi 2, no. 1 (2014).

Kotler, Philip, dan Kevin Keller Lane. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2009.

M, Suardi. “Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2, no. 2 (2017).

Nuryadin. “Strategi Pendidikan Islam Era Digital.” Fitrah kajian Ilmu-Ilmu Keislaman IAIN Padang 03, no. 1 (2017).

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Suherman, Musnaini, Hadion Wijoyo, dan Irjus Indrawan. Industry 4.0 vs. Society 5.0. Banyumas, Jawa Tengah: Cv. Pena Persada, 2020.

Zayadi, Ahmad. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Pendidikan Islam Depag, 2005.




DOI: https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i1.5075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dian Pratiwi, Nio Nilasari Nur Valentin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi:
Prodi MPI Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Negeri Bone
Jl. Hos Cokro Aminoto Watampone
Kabupaten Bone
Sulawesi Selatan
 
 

Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License