PERANAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU BAHASA ARAB DI MTs MUHAMMADIYAH KARYA BHAKTI RIAU

Rohana Ayu Fitri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pengarahan kepala sekolah terhadap guru bahasa Arab, 2) Pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru bahasa Arab, 3) Penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru bahasa Arab di MTs Muhammadiyah Karya Bhakti Riau. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi sekolah. Data dianalisis dengan teknik analisis data interaktif yang mencangkup tiga kegiatan yang berkaitan satu sama lain, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepala sekolah memberi arahan dibidang akademik, seperti tahap perencanaan pembelajaran dan juga pelaksanaan. Selain memberi arahan dibidang akademik, kepala sekolah juga memberi arahan dibidang administrasi. 2) Kepala sekolah melakukan pengawasan dengan mengunjungi  kelas secara langsung dan tidak langsung ketika proses pembelajaran. 3) Kepala sekolah melakukan penilaian dan membuat catatan pribadi. Melakukan teguran terhadap guru secara langsung ketika kurang tepat dalam menjalankan tugasnya.

Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Bahasa Arab




DOI: https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rohana Ayu Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi:
Prodi MPI Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Negeri Bone
Jl. Hos Cokro Aminoto Watampone
Kabupaten Bone
Sulawesi Selatan
 
 

Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License