IMPLEMENTASI EDM DAN E-RKAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI TERPADU AL HUSNA KLATEN

Handika Handika

Abstract


Implementasi EDM dan e-RKAM merupakan hal yang sangat penting untuk peningkatan mutu disebuah lembaga Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana informasi yang diperoleh dari observasi dan wawancara yang dideskripsikan dalam bentuk narasi tulisan sebagai temuan di lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang implementasi serta peningkatan mutu pendidikan melalui EDM dan e-RKAM di MI Terpadu Al Husna. Implementasi EDM dan e-RKAM di lakukan dengan mengevaluasi diri madrasah melalui pemeriksaan mutu dari dalam madrasah dengan menyesuaikan kondisi dengan sistem instrumen yang ada. Hasil penelitian menggambarkan impelemtasi EDM dan e-RKAM di MI Terpadu Al Husna telah dilaksanakan dengan baik dan terarah. Penyusunan e-RKAM diprioritaskan berdasarkan hasil rekomendasi dari EDM yang telah dilaksanakan oleh tim penjaminan mutu madrasah. Ada kendala dalam pelaksanaan implementasi yaitu keterbatasan sarana dan prasarana,  batasan waktu, sistem dan instrumen EDM yang berbasis online. Faktor pendukung adalah adanya dukungan dari pengawas madrasah dan Yayasan, terjalinya koordinasi yang baik antar kepala madrasah, adanya komunikasi dan kepedulian  antar warga madrasah. Manfaat Implementasi EDM adalah untuk mengetahui sejauh mana kekurangan dan kelebihan madrasah, serta mutu madrasah yang akan diselaraskan dalam penyusunan e-RKAM agar sesuai dengan kondisi sebenarnya.


Keywords


EDM, e-RKAM, mutu pendidikan

References


Arifin. (2014). Evaluasi pembelajaran, prinsip, teknik dan prosedur. Remaja Rosdakarya.

Husain, H. (2021). Upaya membantu guru membuat e-ulangan melalui metode SHOPING menggunakan whatsapp. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 544–555. https://doi.org/10.5281/zenodo.4559684

Istikomah, I. (2018). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 5(2), 26–53. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.107

Kemendikbud. (2016). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia.

Munadi, M., & Umar. (2022). Buku Manajemen Madrasah_teori_Riset_Praktik_Munadi-Umar.pdf. PT Elex Media Komputindo.

Oktaviani, R., & Fatmariza, F. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Pengentasan Kemiskinan di Pesisir Selatan. Journal of Civic Education, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.208

Rusman. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Sa’idu, N. (2021). Implementasi Aplikasi Edm Dan E-Rkam Dengan Menggunakan Aplikasi G-Suite for Education Pada Madrasah Sasaran Proyek Realizing Education’S Promise-Madrasah Education Quality Reform (Rep-Meqr) Ibrd Loan Number: 8992-Id Th.2020-2024. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 193–199. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.598

Safira, D. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Penguatan Softkill (Studi Kasus Di Sdit Bayyinah Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh) Tesis. 19710006.

Wahab. (2017). Implementasi evaluasi diri madrasah dalam upaya penguatan manajemen pendidikan di MTs Negeri Surabaya 1. UIN Sunan ampel surabaya, 17–44.




DOI: https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Handika Handika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi:
Prodi MPI Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Negeri Bone
Jl. Hos Cokro Aminoto Watampone
Kabupaten Bone
Sulawesi Selatan
 
 

Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License